Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Padang Gelar Idul Adha Hari Ini

Langgam.id-Jemaah Tarekat Naqsabandiyah

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah melakukan penyembelihan satu ekor sapi di sekitar Musala Baitul Makmur. [foto: Rahmadi/langgam.id]

Langgam.id - Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang, Sumatra Barat (Sumbar), menggelar Salat Hari Raya Idul Adha, Senin (19/7/2021) pagi. Mereka merayakan Idul Adha lebih cepat satu hari dari yang ditetapkan pemerintah 20 Juli.

Sebelumnya jemaah sudah mulai melaksanakan takbiran pada Minggu (18/7/2021) malam. Kemudian jemaah Tarekat Naqsabandiyah melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Kota Padang paginya.

Usai salat Idul Adha berjemaah, puluhan jemaah di Masjid Baitul Makmur mengadakan makan bersama yang telah dihidangkan oleh pengurus musala.

Sekretaris Tarekat Naqsyabandiyah Padang, Edizon Revindo mengatakan, penentuan hari Raya Idul Adha bagi Tarekat Naqsabandiyah dihitung 100 hari setelah awal Ramadan.

Baca juga: Niat dan Keutamaan Puasa Arafah Sebelum Hari Raya Idul Adha

Menurutnya, Ramadan tahun 2021 lalu dimulai pada hari Senin. Biasanya pelaksanaan Idul Adha sama hari pelaksanaannya dengan hari awal Ramadan.

"Kemaren malam kita sudah mulai  takbiran, hari ini kita laksanakan salat Idul Adha," katanya.

Menurutnya, secara pelaksanaan tetap sama dengan Idul Fitri, salat sunah dua rakaat seperti muslim biasanya.

Setelah pelaksanaan salat Idul Adha, panitia melakukan penyembelihan satu ekor sapi di sekitar Musala Baitul Makmur. Daging kurban nantinya dibagikan kepada jemaah sekitar musala.

Baca Juga

Simulator golf telah hadir di Padang. Simulator golf ini hadir bersamaan dengan dibukanya Par Tee Kafe di Jalan Wahidin, dekat kantor PLN.
Ada Simulator Golf di Padang, Buka Mulai 1 Juni
Dampak dari bencana alam yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota di Sumbar, menyebabkan banyak ditemukan hewan kurban yang mati.
Dampak Bencana Alam di Sumbar, Banyak Hewan Kurban yang Mati
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Sukarli mengatakan sebanyak 45 ribu ekor hewan kurban yang disembelih pada 2024 ini.
Idul Adha 2024, Jumlah Hewan Kurban di Sumbar Diperkirakan Naik Jadi 45 Ribu Ekor
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Sekda Kota Padang, Andree Algamar. [Foto: Dok. Pemko Padang]
Andre Algamar Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang Besok
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee
Geruduk Klinik Athena di Padang, Mahasiswa Minta Polisi Penjarakan dr Richard Lee