Jemaah Haji Kloter 1 Padang: Pelayanan dan Makanan Bagus, Tapi Perlu Sambalado

Jemaah Haji Kloter 1 Padang: Pelayanan dan Makanan Bagus, Tapi Perlu Sambalado

Jemaah haji Kloter 1 Padang. (Foto: Humas Kemenag Sumbar)

Langgam.id - Pelayanan dan makanan untuk jemaah haji yang disediakan oleh pemerintah dinilai sudah bagus. Namun, sambil tersenyum, dua jemaah haji dari Kloter 1 Padang berharap, ke depan, menu makanan jemaah haji asal Sumbar juga diberi sambalado alias sambal.

Humas Kementerian Agama Kanwil Sumbar merilis, Kloter 1 Debarkasi Padang telah mendarat pada Jumat (15/7/2022) malam. Saat bertanya tentang evaluasi pelayanan haji pada sejumlah jemaah, ada tanggapan positif.

"Alhamdulillah, Alhamdulillah. Soal pelayanan mulai dari konsumsi, akomodasi dan transportasi asli rancak bana (bagus sekali)," kata Ardi Abbas, salah seorang jemaah.

Jemaah lainnya, Darwiani Darwis menyampaikan hal senada. "Sadonyo rancak (semuanya bagus). Pelayanan yang diberikan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi sangat membuat kami nyaman dalam menunaikan setiap rangkaian ibadah haji," katanya.

Baca Juga: Pertama Pulang, Jemaah Haji Kloter 1 Padang Mendarat di BIM

Secara umum, menurut Ardi, cita rasa masakan nusantara yang disajikan kepada jemaah haji sudah baik. Namun, mewakili aspirasi dari jemaah haji Padang, ia berharap diberi sambal.

"Kalau boleh kami menitip pesan buat Kementerian Agama, ked epan ada sambalado khususnya buat jemaah haji Padang dan Sumatra," ujar Ardi sembari tersenyum.

"Iya, kalau bisa ada sambal, agar bisa menggugah selera makan jemaah yang tentunya berdampak dan menambah semangat jemaah asal Padang dan Sumatra,"  kata Darwiani, menimpali.

Fase kepulangan jemaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) perdana dari Arab Saudi, mulai berlangsung di sejumlah bandara di Indonesia.

Jemaah kloter 1 Padang yang terbang dengan maskapai Garuda (GIA 3401), mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Jumat (15/7/2022) sekitar pukul 21.14 WIB.

Setelah proses di imigrasi, dengan 10 bus, jemaah kemudian menuju Asrama Haji Padang pukul 23.00 WIB. Jemaah kloter 1 disambut serta dilepas pulang oleh Sekdaprov Sumbar, Kapolda Sumbar, Walikota Padang dan Kakanwil Kemenag Sumbar. (*/SS)

---

Dapatkan update berita Haji - Sumatra Barat terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Bimtek PPIH: Petugas Diminta Membersamai Jemaah 24 Jam
Bimtek PPIH: Petugas Diminta Membersamai Jemaah 24 Jam
Berikut Rincian Rencana Perjalanan Haji Tahun 2024
Berikut Rincian Rencana Perjalanan Haji Tahun 2024
Pemerintah Republik Indonesia (RI) bersama Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan perhajian (Ta'limatul Hajj)
Indonesia Berangkatkan 241 Ribu Jemaah Haji di 2024, Menag: Terbesar Sepanjang Sejarah 
Seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan Arab Saudi tahun 1445H/2024M sudah dimulai. Seleksi ini dilaksanakan secara
Seleksi Petugas Haji 2024 Dimulai, Cek Syarat dan Kuota Sumbar
Langgam.id - Belasan Jemaah Haji asal Indonsia dilaporkan positif Covid-19 usai Tes Antigen setina di Debarkasi sejak 15 Juli 2022.
Komisi VIII dan Kemenag Sepakati Rerata BPIH 2024 Rp93,4 Juta
Keputusan Presiden (Keppres) tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi yang bersumber dari Biaya Perjalanan Ibadah
Panja Sepakati Biaya Haji 2024 Sebesar Rp93,4 Juta