Ini 4 Jalur Masuk PPDB SD dan SMP Negeri di Padang 2024

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Padang sudah membuka PPDB SD dan SMP negeri Tahun Pelajajaran 2024/2025.

Kantor Disdikbud Padang yang berada di Ulak Karang. [foto: Disdikbud Padang]

Langgam.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Padang sudah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMP negeri Tahun Pelajajaran 2024/2025.

Disdikbud Padang pun sudah mengeluarkan surat edaran Nomor: 000/758/Dikbud-Pdg/V/2024 perihal Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025.

Dalam surat tertanggal 11 Mei 2024 dan ditandatangani oleh Kepala Disdikbud Padang, Yopi Krislova, disebutkan ada empat jalur PPDB, yaitu:

1. PPDB Jalur Prestasi Non Akademik

  • Prestasi non akademik perorangan adalah jalur PPDB untuk masuk SMP negeri yang dilaksanakan berdasarkan prestasi peserta didik perorangan yang menjadi utusan Kota Padang ke tingkat Provinsi dan selanjutnya. Prestasi perorangan yang dimaksud adalah prestasi dari cabang sains. Olahraga dan seni yang kejuaraan/kompetisinya secara berjenjang dari tingkat Sekolah atau Kecamatan yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Olahraga Kota, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian Agama, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.
  • Prestasi Non Akademik Beregu/Tim/Grup adalah jalur PPDB untuk masuk SMP negeri yang dilaksanakan berdasarkan prestasi peserta didik beregu/Tim/Grup yang menjadi utusan Kota Padang ke tingkat Provinsi dan selanjutnya. Prestas beregu/Tim/Grup yang dimaksud adalah prestasi dari cabang olahraga dan seni yang kejuaraan/kompetisinya secara berjenjang dari tingkat sekolah atau Kecamatan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi serta Kementerian Agama.
  • Prestasi beregu/Tim/Grup adalah jalur PPDB untuk masuk SMP negeri yang dilaksanakan berdasarkan prestasi peserta didik beregu/Tim/Grup yang menjadi utusan Kota Padang ke tingkat Provinsi dan selanjutnya. Prestas beregu/Tim/Grup yang dimaksud adalah prestasi dari cabang olahraga yang kejuaraan/kompetisinya secara berjenjang yang diselenggarakan Penguru Cabang Olahraga Kota Padang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Kementerian Pemuda Olahraga yang minimal meraih medali Perunggu atau peringkat 3 (tiga) di tingkat provinsi.
  • Lomba yang dimaksud terdiri dari : Lomba kesiswaan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan : 1) Olimpiade Sain Nasional (OSN), 2) Olimpiade Olaharaga Siswa Nasional (O2SN), 3) Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)
  • Lomba Kesiswaan di lingkungan Kementerian Agama : 1) Ajang Kompetisi Seni Olahraga Madrasah (AKSIOMA), 2) Kompetisi Sains Madrasah (KSM), 3) Pekan Olahraga Seni Diniah (POSADIN) , 4) Pentas PAIS.
    Lomba/Kejuaraan di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga, 1) Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA), 2) Pekan Olahraga Pelajar Naional (POPNAS), 3) Pekan Olahraga Propinsi (PORPROV), 4) Pekan Olahraga Nasional (PON), 5) Sea Games.
  • Untuk prestasi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah paling rendah Juara 3 (tiga) Tingkat Provinsi bagi peserta didik dari luar kota Padang.
  • Seleksi Tahfizh Al Qur’an oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Al Qurán (STAI-PIQ) Sumatra Barat.

Untuk PPDB jalur prestasi ini, pendaftaran/pengambilan formulir dilaksanakan 13 – 15 Mei 2024. Pengembalian formulir dan penyerahan persyaratan administrasi 13 – 15 Mei 2024.

2. PPDB Jalur Anak Kandung Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) tempat tugas

Ini merupakan jalur PPDB untuk masuk SD negeri dan SMP negeri yang dilaksanakan untuk mengakomodir calon peserta didik yang merupakan anak kandung dari orang tua yang bekerja pada sekolah tersebut.

PPDB jalur pendidikan jalur anak kandung GTK ini pendaftaran/pengambilan formulir pada 13 – 15 Mei 2024. Serta, pengembalian formulir dan penyerahan persyaratan administrasi 13 – 15 Mei 2024.

3. PPDB Jalur Pendidikan Inklusif

Merupakan jalur PPDB untuk masuk SD negeri dan SMP negeri yang dilaksanakan untuk mengakomodir dan memberikan hak dan kesempatan yang sama terhadap siswa yang berkebutuhan khusus untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

4. PPDB Jalur Online

Merupakan penerimaan peserta didik baru SD negeri dan SMP negeri Kota Padang yang dilaksanakan melalui jalur online.

Untuk SD, pendaftaran tahap I dilaksanakan 19 – 21 Juni 2024. Untuk SMP, dimulai dengan pra Pendaftaran (luar kota Padang/paket A/tamatan sebelum 2023) pada 11 - 15 Juni 2024.

Sedangkan pendaftaran online PPDB jalur zonasi tahap I untuk SMP ialah 13-16 Juni 2024. Dalam surat tersebut, Disdikbud Padang menyebutkan bahwa khusus untuk teknis pelaksanaan PPDB online akan diberitahukan/diumumkan tersendiri. (*/yki)

      Baca Juga

      PPDB SMA, SMK dan SLB tahun 2024 di Sumbar akan segera dibuka. Dilansir dari situs Dinas Pendidikan Sumbar, PPDB SMS, SMK dan SLB ini
      Segera Dibuka, Berikut Jadwal PPDB SMA, SMK dan SLB di Sumbar Tahun 2024
      Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK dan SLB di Sumatra Barat (Sumbar) tahun 2024 sebentar lagi akan segera dimulai.
      PPDB SMA/SMK di Sumbar Bakal Dimulai, Ini Syarat, Tahapan dan Dokumen yang Disiapkan
      Bagi orang tua yang mau memasukkan anaknya di sekolah negeri di Padang, baik SD maupun SMP, mulailah bersiap-siap dari sekarang. Sebab bulan
      PPDB Online SD dan SMP di Padang Kapan Buka? Berikut Jadwal, Tahapan dan Syaratnya
      Pemerintah membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2024 di delapan kementerian/lembaga. Ada total 3.445 formasi yang dibuka
      8 Instansi Buka Seleksi Sekolah Kedinasan 2024, Tersedia 3.445 Formasi
      SMAN 1 Padang Panjang bakal membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas Asrama pada 19-27 Februari mendatang secara online.
      PPDB Kelas Asrama SMAN 1 Padang Panjang Bakal Dibuka, Kuota 120 Orang
      Wali Kota Padang Hendri Septa meresmikan gedung SMP 47 yang baru selesai dibangun. Gedung tersebut berlokasi di Kelurahan Piai Tanah Sirah,
      6 Bulan Numpang di Sekolah Lain, Kini SMP 47 Padang Miliki Gedung Sendiri