Hasil Pool Test Corona 5 Daerah di Sumbar Negatif, Solok Selatan Paling Aman

Jalan Tol Sumbar

Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) melakukan pool test atau melakukan tes covid-19 dengan jumlah banyak di 5 kabupaten dan kota. Metode tersebut dilakukan untuk mendeteksi apakah ada yang terpapar virus di daerah tersebut.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan lima daerah yang dilakukan pool test adalah daerah yang warganya belum ditemukan positif covid-19. Masing-masing Kota Solok, Sawahlunto, Kabupaten Limapuluh Kota, Sijunjung dan Solok Selatan.

"Daerah dites melalui metode pool yang dipimpin oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, diambil dengan cara random lewat 100 spesimen," katanya di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (4/5/2020).

Baca juga : Teladan Kesabaran dan Kesadaran dari Keluarga Pasien Positif Corona di Padang Panjang

100 spesimen diambil dari warga yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pantauan (ODP). Hasilnya, daerah Solok Selatan merupakan wilayah yang paling aman saat ini.

Empat daerah lain memang tidak ada yang positif, namun daerah itu berada di kawasan perlintasan banyak orang. Sehingga dikhawatirkan belum sepenuhnya aman.

Baca juga : Covid-19 Tersebar di 14 Kabupaten dan Kota, Tinggal 5 Daerah “Hijau” di Sumbar

Meski sudah aman, Solok Selatan masih tetap dalam status pembatasan sosial berskala besar bersama daerah Sumbar lainnya. Daerah tersebut bisa melepaskan diri dari PSBB dipastikan besok dan itu pun tergantung aspirasi daerah tersebut.

" Solok Selatan paling aman, yang lain juga negatif, tapi mengawal daerah itu agak berat karena banyak pergerakan orang di sana. Kalau di Solok Selatan tidak begitu, apalagi kemarin jalan putus," katanya. (Rahmadi/ICA)

Baca Juga

Wabup Solok Selatan Ingatkan Kejar Target PAD Rp80 Miliar Tahun Ini
Wabup Solok Selatan Ingatkan Kejar Target PAD Rp80 Miliar Tahun Ini
Festival durian solsel
Anak Bupati Solok Selatan Bakal Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara yang Ditanami Sawit
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Langgam.id - Harimau Sumatera yang ditangkap BKSDA Sumbar di Maua Hilia, Palembayan, Kabupaten Agam dinamai Puti Maua.
Warga Lubuk Gadang Tenggara di Solok Selatan Lihat Harimau Masuk Kampung