Hari Terakhir Pencarian, 11 Nelayan Pesisir Selatan Belum Ditemukan

11 Nelayan Pesisir Selatan Belum Ditemukan

Tim Basarnas akan memulai pencarian terhadap 11 nelayan asal Kabupaten Pesisir Selatan yang dinyatakan hilang pada hari keenam (Foto: Dok, Basarnas)

Langgam.id - Hingga hari terakhir pencarian 11 nelayan asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar), yang hilang masih belum membuahkan hasil. Padahal tim gabungan telah melakukan operasi pencarian sampai ke arah selatan perairan laut Provinsi Bengkulu.

"Untuk upaya pencarian telah optimal dilakukan dan cukup luas. Alutsista kapal yang digunakan sebanyak delapan, dan bahkan dua kali menggunakan helikopter. Namun hasil pencarian masih belum menemukan tanda-tanda," kata Komandan Rescue dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Padang, Yudi Riva, Selasa (4/3/2020).

Baca juga : Kerahkan Helikopter, 11 Nelayan Pessel yang Hilang Belum Ditemukan

Yudi mengungkapkan, untuk bangkai Kapal Motor (KM) Restu Ibu telah ditemukan. Namun satu orang Anak Buah Kapal (ABK) yang hilang sampai saat ini proses pencarian beluk membuahkan hasil.

"Begitupun untuk KM Mitra Utama yang membawa 10 ABK dan nahkoda. Kapal ini hilang kontak, dan kami juga belum menemukan titik koordinat hilangnya kapal tersebut," ujarnya.

Proses pencarian para nelayan ini akan berakhir sore ini pukul 18.00 WIB. Tim gabungan belum memastikan apakah operasi pencarian diperpanjang atau ditutup.

Baca juga : Pencarian 11 Nelayan Pessel Akan Sisir Hingga Perairan Bengkulu

Sebelumnya, 11 nelayan ini merupakan para ABK KM Restu Ibu dan KM Mitra Utama. Mereka dinyatakan hilang sejak Rabu (29/1/2020) kemarin.

Satu korban berasal dari ABK KM Restu Ibu. Sebelumnya, kapal ini membawa 14 ABK, sementara 13 ABK dinyatakan selamat. Sedangkan KM Mitra Utama yang membawa 10 ABK dinyatakan hilang kontak. (Irwanda/ICA)

Baca Juga

Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang
Rusak sejak puluhan tahun yang lalu, jembatan gantung Kampung Sikabu Munto di Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera, Pessel
Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Kampung Sikabu Munto Pessel Diperbaiki
Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan
Jadi Daerah Pemasok, 21 Petugas Keswan Pessel Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban
Ilustrasi Remaja meninggal
Satu Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Berhasil Ditemukan
Pencarian dua korban hanyut di sungai Batang Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari kedua, Jumat
Hari Kedua Pencarian, 2 Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Belum Ditemukan