Hari Ini, Sejumlah Daerah di Sumbar Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

pesisir-selatan-kembali-diguyur-ini-daerah-di-sumbar-berpotensi-hujan

Ilustrasi Hujan [Foto : Pixabay]

Langgam.id - Cuaca ekstrem masih menghantui sejumlah daerah di Sumatra Barat (Sumbar). Meski telah berlangsung sepekan terakhir, potensi hujan lebat dan angin kencang masih diprediksi terjadi hingga hari ini (14/11/2022).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta sejumlah daerah waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat. Sebab, hujan dapat disertai petir, kilat dan angin kencang.

Pada siang hingga sore hari, daerah berpotensi alami cuaca ekstrem tersebut, yakni Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Padang Panjang, dan Padang Pariaman. Kemudian wilayah Padang, Pesisir Selatan, Dharmasraya dan sekitarnya.

Sementara malam hingga dini hari, potensi hujan terpantau wilayah Pasaman Barat, Pasaman, Bukittiggi dan Padang Pariaman. Potensi serupa juga terlihat di Padang Panjang, Tanah Datar, Padang, Pesisir Selatan hingga Solok.

BKMG merekomendasikan, agar masyarakat dan pihak terkait memastikan kapasitas dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

Kemudian, lakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem: Pohon Tumbang di Sitiung 1 Hingga Ganggu Lalu Lintas

BMKG merekomendasikan agar melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin.

Baca Juga

Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Prof Amir Syarifuddin
Mengenang Prof Amir Syarifuddin: Berawal dari Guru Agama dan Berakhir Juga sebagai Guru Agama
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowongan CPNS 2024, Guspardi Gaus: Kesempatan Besar Bagi Fresh Graduate dan Honorer
Kunjungan wisman ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Bandara Internasional Minangkabau pada April 2023 mencapai 4.100 kunjungan.
Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Marapi