Halal Corner di Masjid Raya Sumbar Sediakan 1 Juta Kuota Sertifikat Halal Gratis

Halal Corner di Masjid Raya Sumbar Sediakan 1 Juta Kuota Sertifikat Halal Gratis

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Helmi.

Langgam.id - Halal corner (pojok halal) di Pusat Pembelajaran Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) menyediakan 1 juta kuota sertifikat halal gratis. Pelaku usaha yang akan mengurus sertifikat halal terutama program sehati (sertifikat halal gratis) bisa mengunjungi Masjid Raya Sumbar.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar Helmi mengatakan, pojok halal menjadi bukti pemerintah provinsi mendukung penuh program nasional Kemenag terutama dalam produk halal. Pojok halal akan mendorong dan meningkatkan literasi masyarakat tentang pentingnya produk halal.

Saat ini pemerintah melalui Kemenag sedang fokus dan giat dalam memberikan sertifikasi halal gratis bagi pelaku usaha mikro kecil. Ada 1 juta kuota sertifikat halal gratis bagi pelaku usaha.

"Kewajiban sertifikasi halal tahap 1 akan berakhir di 17 Oktober 2024. Ini kesempatan emas bagi pelaku usaha untuk mengantongi sertifikat halal gratis," kata Kakanwil Helmi, Senin (2/1/2023).

Setelah tanggal yang ditetapkan tersebut, pelaku usaha makanan dan minuman, hasil sembelihan, serta jasa penyembelihan, harus bersertifikat halal. Jika belum, maka akan terkena sanksi.

Ketua Satgas Halal Sumbar Miswan didampingi Sekretaris Ikrar Abdi menjelaskan, pelaku usaha yang akan mengurus sertifikat halal gratis, bisa mengunjungi pojok halal di Masjid Raya Sumbar. Pojok halal berfungsi sebagai pusat informasi halal, tempat pendaftaran serfikasi halal, sosialisasi halal dan tempat pelatihan.

Pojok informasi halal akan ditempati oleh satgas halal, Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), dan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H). Selain datang, pendaftaran sertifikat halal gratis juga dapat dilakukan secara online.

Baca Juga: Masjid Raya Sumbar Jadi Kawasan Pusat Adat dan Pembelajaran ABS-SBK

Diketahui, Masjid Raya Sumbar yang terletak di Jalan Khatib Sulaiman, saat ini sudah diresmikan menjadi kawasan Pusat Pembelajaran ABS-SBK. Kawasan ini diremikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah beberapa waktu lalu.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Kecelakaan Beruntun di Depan Masjid Raya Sumbar Libatkan 4 Kendaraan
Kecelakaan Beruntun di Depan Masjid Raya Sumbar Libatkan 4 Kendaraan
Masjid Raya Sumbar Jadi Kawasan Pusat Adat dan Pembelajaran ABS-SBK
Masjid Raya Sumbar Jadi Kawasan Pusat Adat dan Pembelajaran ABS-SBK
Langgam.id - Pemerintah Nagari Lawang dan Kecamatan Matur bakal menggelar tabligh akbar dan berencana menghadirkan Ustaz Abdul Somad (UAS).
Data Pemprov: Puluhan Ribu Jamaah Hadiri Kajian UAS di Masjid Raya Sumbar Jelang Ramadan
Langgam.id - Pemerintah Nagari Lawang dan Kecamatan Matur bakal menggelar tabligh akbar dan berencana menghadirkan Ustaz Abdul Somad (UAS).
Sambut Ramadan, Ustaz Abdul Somad Bakal Ceramah di Masjid Raya Sumbar
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Ustaz Khalid Basalamah menjadi khatib salat Jumat di Masjid Raya Sumbar.
Ustaz Khalid Basalamah Jadi Khatib Salat Jumat di Masjid Raya Sumbar, Bahas Soal Gempa
Langgam.id - Ustad Derry Sulaiman mengajak para ASN Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) untuk selalu ingat terhadap akhirat.
Pesan Ustaz Derry Sulaiman untuk ASN: Ingat Akhirat, Jangan Terlena dengan Dunia