Hadapi Dunia Kerja, Unand Bekali Calon Wisudawan Pelatihan Karir

Hadapi Dunia Kerja, Unand Bekali Calon Wisudawan Pelatihan Karir

Calon wisudawan Universitas Andalas mendapatkan pembekalan pelatihan karir hadapi dunia kerja. (Foto: Humas Unand)

Langgam.id - Sebagai upaya meningkatkan mutu lulusan dalam menghadapi dunia kerja, Universitas Andalas (Unand) memberikan pembekalan melalui pelatihan karir kepada para calon wisudawan/wisudawati periode VI tahun 2022 pada 14 Januari mendatang.

Mengusung tema ‘’Career Preparation: Think And Act Like An Entrepreneur’’, pelatihan ini menghadirkan narasumber Hanna Evanglina dan Nitiya Indriyana dari XL Axiata Future Leaders yang digelar di Convention Hall Unand, Rabu (11/1/2023).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unand Prof. Dr. Masyurdin, MS mengatakan perlunya pengalaman mahasiswa di luar design kurikulum seperti MBKM baik magang, credit learning dan sebagainya.

"Supaya memberikan pengalaman karena perusahaan sekarang cenderung kepada mereka yang mempunyai pengalaman dan saat ini kita sebagai PTN-BH, kita telah masuk kepada WCU/ World Class University di mana adanya lulusan yang bekerja di perusahaaan multinasional," ujarnya.

Menurutnya, dunia kerja saat ini tidak lagi hanya melihat transkrip nilai dan IPK wisudawan sebagai tolak ukur menilai kemampuan seseorang.

"Transkrip nilai dan IPK bukan lagi menjadi tolak ukur. Tetapi kemampuan kompetisi, soft skill, attitude harus dimiliki oleh mahasiswa. Dengan itu pembekalan ini merupakan sebuah upaya dengan  adanya pembinaan bersama XL Axiata membersamai lulusan kita, mencakup bagaimana cara atau kiat untuk berkompetisi dan menghadapi tantangan dunia kerja," kata Mansyurdin.

Ia mengatakan kesuksesan dunia pendidikan tidak lagi diukur dengan IPK minimal 3 atau waktu lulus yang cepat, tetapi bagaimana mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan atau melanjutkan pendidikan atau berwirausaha.

Pada kegiatan ini juga dilakukannya sosialisasi Tracer Study yang juga merupakan platform untuk menghimpun data alumni lulusan Universitas Andalas guna meningkatkan kualitas lulusan dan sebagai upaya membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja.

Adapun, pembekalan ini berlangsung selama dua sesi, yakni sesi pertama diikuti oleh Fakultas Hukum, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Peternakan, Teknologi Informasi, Teknologi Pertanian sedangkan sesi kedua diikuti oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Farmasi, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Pertanian, Teknik dan Sekolah Pascasarjana.

Hanna Evanglina dan Nitiya Indriyana berkolaborasi menyampaikan materi pembekalan. Pada saat pembekalan mereka mengungkapkan bahwa entrepreneur bukan hanya tentang berwirausaha namun entrepreneur ialah cara berfikir atau mindset ketika ada masalah, peluang dan tantangan seorang entrepreneur akan menganalisis masalah, tantangan dan peluang yang ada menjadi ide kreatif.

Dalam pembekalan ini turut pula diundang sejumlah alumni Universitas Andalas yang sudah bekerja di beberapa perusahaan, di antaranya Muthia Muharani - Fungsional Umum pada Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran, Kanwil DJPb Sumatera Barat.

Kemudian, Ryan Ahmadi - Assistant Vice President - Digital SME Analytics, Research & Brand BTPN, Bunga Sri Hidayat - Event Coordinator @america dan Chalista Putri Regita Cahyani - SEO Specialist IDXChannel.com. (*FS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Awal 2023, Unand Lepas 1.210 Wisudawan
Awal 2023, Unand Lepas 1.210 Wisudawan
MAHUPIKI Sosialisasi UU KUHP di Sumbar, Rektor Unand: Penanda Sejarah Hukum Indonesia
MAHUPIKI Sosialisasi UU KUHP di Sumbar, Rektor Unand: Penanda Sejarah Hukum Indonesia
Memupuk Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Pemilahan Sampah
Memupuk Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Pemilahan Sampah
Strategi Peningkatan Nilai Jual Produk UMKM
Strategi Peningkatan Nilai Jual Produk UMKM
Wujudkan Ketahanan Pangan Melalui Aplikasi Teknologi Pengolahan Berbasis Pengembangan Bahan Baku Lokal
Wujudkan Ketahanan Pangan Melalui Aplikasi Teknologi Pengolahan Berbasis Pengembangan Bahan Baku Lokal
Menunggu Jalan Perubahan
Menunggu Jalan Perubahan