Habis Gajian? Jangan Lupa 3 Kewajiban Ini

kewajiban setelah gajian

Ilustrasi menghitung uang. [pixel - langgam.id]

Setelah gajian, tentunya harus menunaikan segala kewajiban terlebih dahulu, sebelum mencukupi kebutuhan tambahan

Langgam.id - Gajian memang menjadi suatu hal yang sangat ditunggu tunggu setiap awal atau akhir bulan bagi setiap orang.

Namun setelah menerima gaji, ada beberapa tanggung jawab yang harus ditunaikan terlebih dahulu. Hal ini dianjurkan agar tidak lupa akan tanggung jawab yang ada.

Berikut ini beberapa hal yang harus selalu diingat setelah gajian agar uang tersebut juga menjadi berkah untuk dipergunakan.

Baca juga: Selain Kopi, 5 Makanan dan Minuman Ini Sebaiknya Dihindari Sebelum Tidur

Membayar Utang

Hutang memanglah suatu hal yang sangat wajib untuk segera dibayar saat memiliki uang yang cukup. Jika hal ini terus ditunda, tentunya akan menimbulkan permasalahan lainnya.

Bahkan karena hal ini, juga bisa mengakibatkan hubungan dengan orang lain akan menjadi hancur, dan tidak ada lagi kepercayaan antara satu sama lain.

Sedekah

Sedekah bagi umat muslim memanglah harus ditunaikan, dan juga sudah dijelaskan bahwa harta yang didapatkan selama ini, juga terdapat hak orang lain di dalamnya, sehingga sangat penting untuk mengeluarkannya.

Tak perlu banyak, namun hal itu harus dilakukan secara ikhlas dan sesuai dengan kemampuan diri. Misalnya dengan memberi makanan kepada orang yang kelaparan dan lain sebagainya.

Tabungan

Setelah gajian, hal lain yang harus dilakukan selain membayar hutang dan juga sedekah adalah menabung. Karena hal ini akan sangat berguna untuk masa depan nanti.

Jika tidak dibiasakan untuk menabung, tentunya perilaku boros akan selalu timbul dalam diri setiap orang.

Baca juga: 8 Keuntungan Tidur Tanpa Bantal, Bisa Cegah Stres dan Alergi

Oleh karena itu, sebaiknya tabungkan uang tersebut di awal gajian, bukan dari sisa uang setelah dibelanjakan untuk kebutuhan.

Tak hanya itu, menabung pun juga sama halnya dengan sedekah. Tentunya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan wajib agar tidak menimbulkan kesusahan nantinya.

Itulah beberapa hal yang harus selalu diingat setelah gajian agar uang tersebut juga menjadi berkah ketika hendak dipergunakan.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Melakukan perjalanan baik bersama keluarga, teman, maupun pasangan selalu menjadi momen paling menyenangkan.
Ini Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Tingkatkan Keamanan Traveling
Anak sekolah mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga membutuhkan konsumsi pangan yang cukup untuk .
Tips Memilih Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu dan Bergizi
Mata minus dapat menghambat aktivitas, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan mata minus pada anak.
3 Cara Mencegah Mata Minus pada Anak
Perhitungan waktu tidur
Perhitungan Waktu Tidur Ini Dapat Digunakan Agar Segar Ketika Bangun Pagi
mengatasi hidung tersumbat
Ini Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat
memanfaatkan digital marketing
Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Content Writer dan Content Creator