H-5 Lebaran, Volume Kendaraan ke Sumbar Via Dharmasraya Meningkat 10 Persen

Berita Dharmasraya - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Volume kendaraan yang masuk ke Sumbar via Dharmasraya mulai meningkat.

Ilustrasi. (Foto: Mikes Photography/pixabay.com)

Berita Dharmasraya - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Volume kendaraan yang masuk ke Sumbar via dharmasraya mulai meningkat.

Langgam.id - Arus lalu lintas menjelang Idul Fitri 1443 Hiriah mulai padat. H-5 lebaran, volume kendaraan yang masuk ke Sumatra Barat (Sumbar) via Kabupaten Dharamsraya juga mengalami peningkatan. Data polisi, kenaikan volume kendaraan yang masuk ke Sumbar itu mencapai 10 persen.

Kasat Lantas Polres Dharmasraya, Iptu Sayyid Malik mengatakan, saat ini penambahan volume kendaraan belum begitu besar. Namun, penambahan volume kendaraan diperkirakan akan terus terjadi mendekati lebaran.

"Dari data yang kami himpun, terhitung ada sekitar 100 kendaraan per jam memasuki Kabupaten Dharmasraya, kalau dibilang dalam angka naik 10 persen dibanding hari-hari biasanya," ujar Sayyid kepada langgam.id, Rabu (27/4/2022).

Lalu, Sayyid memprediksi, sehari menjelang lebaran akan menjadi puncak penambahan volume kendaraan yang masuk ke Sumbar via Kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Jambi tersebut.

"Sekitar 15 sampai 20 persen akan bertambah volume kendaraannya. Namun, itu tidak akan menimbulkan kemacetan," jelasnya.

Kemudian, ia juga menjelaskan, di Dharmasraya juga telah disediakan tiga pos keamanan dan peyalanan. Di pos-pos itu, para pemudik bisa beristirahat dan berbuka puasa.

"Kami juga menyediakan tim medis di tiap-tiap pos. Posko tersebut berada di samping Rumah Makan OMG, Sungai Rumbai dan di Pulau Punjung," jelasnya.

Kemudian, Sayyid mengimbau, agar masyarakat yang ingin mudik, silakan melengkapi surat-surat kendaraannya serta hati-hati dalam berkendara. "Lengkapi surat suratnya, memakai helm dan bagi yang menggunakan mobil jangan lupa pasang sabuk pengaman," imbaunya.

Selain itu, menurut Sayyid, pihaknya juga menyediakan pos vaksin bagi masyarakat yang ingin vaksin. Namun, hal ini bukan kewajiban perjalanan, tetapi hanya imbauan untuk menyukseskan program pemerintah.

Baca juga: Polisi Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 di Bukittinggi 28 April

Sementara itu, pantauan di lapangan, jumlah kendaraan yang melintasi Kabupaten Dharmasraya menuju Kota Padang terlihat ramai lancar.

Dapatkan update berita Dharmasraya – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya memerintah jajarannya optimalkan program Zero Accident atau nihil kecelakaan.
Dirlantas Polda Sumbar Perintahkan Jajarannya Optimalkan Zero Accident
Langgam.id - Seorang petugas Polisi Lalu Lintas, Ipda Afrizon ditabrak pengendara sepeda motor saat razia kendaraan di Pariaman.
Seorang Polisi di Pariaman Ditabrak Pengendara Sepeda Motor Saat Razia
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: DPRD Sumbar nilai Pemprov gagal atasi kemacetan selama momen lebaran tahun 2022.
Pemprov Sumbar Dinilai Gagal Atasi Kemacetan di Momen Lebaran
Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah turut menanggapi soal pencabutan izin lembaga kemanusian Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).
Perputaran Uang Selama Lebaran di Sumbar Diperkirakan Capai Rp2 Triliun
Kondisi Lalu Lintas Padang-Bukittinggi di Hari Terakhir Libur Lebaran
Kondisi Lalu Lintas Padang-Bukittinggi di Hari Terakhir Libur Lebaran
Berita terbaru dan terkini hari ini: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para pemudik agar tak balik pada 8 Mei 2022.
Menhub Imbau Pemudik Balik Setelah 8 Mei 2022