Gubernur Sumbar Luncurkan Buku Digital Karya Siswa dan Guru di Agam

Gubernur Sumbar Luncurkan Buku Digital Karya Siswa dan Guru di Agam

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat menghadiri Gebyar Literasi di Kabupaten Agam. (Foto: Biro Adpim Setdaprov Sumbar)

Langgam.id - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah melaunching buku digital karya siswa dan guru SMP Negeri 3 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Peluncuran buku dilakukan saat menghadiri Gebyar Literasi 3 SMP Negeri Ampek Angkek, Senin (22/11/2021).

"Literasi adalah kunci perubahan untuk menyongosong masa depan," kata Mahyeldi yang sekaligus menghadiri Acara Puncak Gebyar Literasi Agam 2021

Menurutnya, literasi adalah kemampuan untuk mengumpulkan sumber bacaan serta membaca yang tersirat. Dari sana seseorang bisa menelurkan konsep dan ide guna menyambut perubahan pada masa depan.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Langgam.id, pada kegiatan ini Mahyeldi juga menyampaikan, beragam ide, teori dan gagasan menarik akan hadir bersama dengan perubahan yang ada. Dengan begitu siswa akan mampu bersaing di kancah global.

"Karena itu orang hebat rata-rata memiliki pustaka dan rajin membaca sebagai salah satu sumber literasi," jelasnya.

Mahyeldi berharap generasi muda yang memiliki literasi baik mampu menciptakan barang dan jasa bermutu ke depannya. Sehingga, lanjutnya, mereka bisa bersaing dalam kompetisi global.

Ketua Forum Literasi (Forlita) Agam, Safrudin mengatakan, pihaknya tengah menjalin kerjasama dengan Dinas Perpusatakaan dan Arsip Daerah serta para peggiat literasi setempat. Kerjasama ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu generasi muda Agam melalui program literasi yang digagas.

"Beberapa kegiatan telah kita gelar diantaranya pelatihan menulis dan mendorong gebyar literasi ini," kata Safrudin. (*/Mg Dewi Habibah)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Bunga Bangkai Raksasa Ditemukan Mekar di Agam
Bunga Bangkai Raksasa Ditemukan Mekar di Agam
Bupati dan Kapolres Antarkan Bantuan dari Agam ke Cianjur
Bupati dan Kapolres Antarkan Bantuan dari Agam ke Cianjur
Langgam.id - BMKG mencatat Kabupaten Dharmasraya menjadi salah satu daerah di Sumbar yang berstatus siaga bencana hingga Desember 2022.
Sejak 14 November, 29 Bencana Alam Terjadi di Agam
Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Dewan SDA Nasional Kunjungi Danau Manijau, Bupati Agam: Kita Ingin KJA Ditata, Bukan Dihabiskan
Langgam.id - Longsor dilaporkan terjadi di Jorong Arikia, Nagari Dalko, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam hari ini, Rabu (16/11/2022).
Longsor di Arikia Tanjung Raya Agam: Terjang Rumah Warga, Timbun Sawah dan 24 Orang Diungsikan
Langgam.id - Nagari Kamang Tangah Anam Suku, Kecamatan Kamang Magek bakal menggelar Kontes Durian Kamang, Kamis (17/11/2022).
Kontes Durian Kamang Segera Digelar, Ini Lokasi dan Jadwalnya