Genius Umar Blak-blakan Soal Keinginan Jadikan Pariaman Kota Smart City, Begini Penjelasannya

Langgam.id - Genius Umar terus menggaungkan dan berkomitmen untuk menjadikan daerah yang ia pimpin sebagai Kota Smart City di Indonesia.

Genius Umar, Wali Kota Pariaman. [Foto: Dok. Media Center Kota Pariaman]

Langgam.id - Wali Kota Pariaman, Genius Umar terus menggaungkan dan berkomitmen untuk menjadikan daerah yang ia pimpin sebagai Kota Smart City di Indonesia.

Bahkan, di forum Indo Smart City 2022, yang digelar Asosiasi Pemerintak Kota se-Indonesia (Apeksi), Genius Umar juga mengutarakan keinginannya tersebut.

Menurut Genius, Kota Smart City bukan hanya muncul CCTV dimana-mana, aplikasi yang sangat banyak dan semuanya berbasis teknologi.

Tapi, kata Genius, yang paling penting bagaimana bisa menghadirkan kota yang benar-benar layak, nyaman dan dicintai warganya.

"Empat hal penting bagi Kota Smart City, yaitu Smart City sudah mampu memenuhi kebutuhan dasar masyarakatnya, Smart City mampu menjawab semua persoalan-persoalan yang dimiliki oleh masyarakat, sehingga tidak lagi banyak persoalan yang ada," ujar Genius.

Lalu, kata Genius, Smart City juga harus mampu menjemput peluang sehingga bisa mendatangkan pendapatan baru bagi ekonomi masyarakat. "Terakhir, Smart City harus mampu menjamin keberlangsungan dan kontinuitas di Kota Pariaman," ucapnya.

Lalu, Genius juga menyebutkan, bahwa membangun dan mewujudkan Smart City diperlukan kebersamaan dan sumbangsih semua pihak, harus bersama-sama dan bergotong-royong guna mewujudkan itu semua.

Baca juga: Pemko Payakumbuh dan Kemkominfo RI Gelar Bimtek Lanjutan Penyusunan Masterplan Smart City

Tidak hanya pemerintah dan pihak swasta, kata Genous, juga semua lapisan masyarakat harus berpartisipasi. "Setelah Smart City ini benar-benar berjalan, maka akan mewujudkan efesiensi, transparansi dan kalaborasi guna menghadirkan kota yang benar-benar smart," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Wako Pariaman Dukung Sanggar Darak Badarak di IGT
Wako Pariaman Dukung Sanggar Darak Badarak di IGT
Menteri Halim Launching Lomba Desa di Pariaman
Menteri Halim Launching Lomba Desa di Pariaman
Tabuik Dibuang ke Laut jadi Penutup Rangkaian Festival Hoyak Tabuik 2023
Tabuik Dibuang ke Laut jadi Penutup Rangkaian Festival Hoyak Tabuik 2023