Gelar Karya Budaya Sumbar Hadirkan 8 Pertunjukan Teater dan Lomba Esai Nasional

gelar karya budaya

Proses latihan 'Nurani' karya Wisran Hadi oleh Teater Binggo Padangpanjang (31/10). Karya ini akan dipentaskan 9 November mendatang di ISI Padangpanjang. (Foto: Dok. LBK)

Langgam.id - Gelar Karya Budaya (GKB) kembali digelar pada 7 sampai 10 November 2021 mendatang. Sebanyak delapan pertunjukan teater dan lomba esai tingkat nasional turut memeriahkan GKB tahun ini.

“Gelar karya budaya akan menampilkan pertunjukan teater yang diangkat dari naskah Wisran Hadi. Pertunjukan tersebut dapat disaksikan secara luring di Taman Budaya, STKIP PGRI Padang dan ISI Padang Panjang. Serta dapat disaksikan secara daring melalui kanal youtube Lembaga Bumi Kebudayaan," kata Armeynd Sufhasril selaku Direktur Festival.

Ia mengatakan, delapan kelompok teater yang akan berpartisipasi dalam GKB yakni, Teater Gumala, Teater Balai, Ganto Gaung, Tanah Ombak, Teater Binggo, Komunitas Seni Kuflet, Teater Selembayung dan Teater Batuang Sarumpun.

Selain pertunjukan teater, GKB juga merupakan pintu masuk menuju program Festival Bumi yang lain, yaitu Lomba Esai Teater.

Baca juga: Seniman Asal Sumbar Gusmen Heriadi Gelar Pameran Tunggal ke-10 di Yogyakarta

Lomba tersebut terbuka untuk umum dengan syarat tulisan harus membahas karya-karya pertunjukan yang ditampilkan.

“Dengan adanya penanyangan di kanal youtube, peserta di luar Sumbar dapat berpartisipasi. Apalagi lomba esai teater sangat jarang diadakan. Di sinilah keberhasilan Festival Bumi mengambil posisi,” kata Hendri Fauzan Selaku kepala UPTD Taman Budaya.

Dewan juri yang akan menilai tulisan-tulisan peserta yaitu Ivan Adilla (Akademisi), Shinta Febrianty (Ketua Umum Perkumpulan Nasional Teater Indonesia), dan S Metron Masdison (praktisi teater). Lomba esai akan ditutup pada 24 November 2021.

Diskusi mengenai seniman dan pandemi juga akan digelar setelah pertunjukan teater pada 8 November di STKIP PGRI Sumbar. Pada tanggal 9 November diskusi teater kembali dilakukan di ISI Padang Panjang.

Baca Juga

Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Permasalahan baru yang menimpa umat Islam yakni terkait daftar nama-nama ustadz kondang yang terdaftar dalam jaringan radikalisme.
Universitas Muhammadiyah Sumbar Luncurkan Beasiswa Peduli Bencana
Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar