Gelar Adat untuk Jokowi dari Solok Selatan

Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .

Plang merek Kawasan Saribu Rumah Gadang, Kabupaten Solok Selatan (Foto: FZ / Langgam.id)

Langgam.id – Masyarakat Kabupaten Solok Selatan telah mempersiapkan gelar adat untuk Presiden Indonesia, Joko Widodo. Gelar tersebut diambil dari Suku Panai.

Muzni Zakaria, Bupati Kabupaten Solok Selatan menyebutkan, penganugerahan gelar adat untuk Jokowi sudah dipersiapkan sejak Desember 2018.

“Sudah jauh-jauh hari kita persiapkan, sudah dimusyawarahkan pemuka adat di Solok Selatan, terutama di Kawasan Saribu Rumah Gadang,” ujarnya kepada Langgam.id ketika dihubungi via telepon, Jumat (29/03).

Menurut Muzni, pemberian gelar adat terhadap Jokowi punya landasan yang kuat. “Sebagai ucapan terima kasih dan penghormatan, karena Jokowi telah membantu revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang,” jelasnya.

Terkait gelar yang akan diberikan, Muzni enggan menyebutnya. “Enggak seru jika dibocorkan sekarang. Gelar itu dari suku saya, suku Panai” ungkapnya.

Pemberian gelar adat tersebut, rencananya disesuaikan dengan jadwal kunjungan Jokowi ke Sumatera Barat awal April nanti.

Sebelumnya, Februari 2018, Jokowi telah menandatangani prasasti revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang.

Diketahui, revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang menghabiskan biaya sekira Rp110 milar, dana tersebut berasal dari Pemerintahan Pusat.

“Beliau (Jokowi-red) sangat apresiasi dan kagum dengan kawasan rumah adat (Rumah Gadang) di Solok Selatan. Sudah sangat pantas jika kita memberikan anugerah gelar adat untuk beliau," ujar Muzni Zakaria. (*/FZ)

Baca Juga

Festival durian solsel
Anak Bupati Solok Selatan Bakal Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara yang Ditanami Sawit
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Langgam.id - Harimau Sumatera yang ditangkap BKSDA Sumbar di Maua Hilia, Palembayan, Kabupaten Agam dinamai Puti Maua.
Warga Lubuk Gadang Tenggara di Solok Selatan Lihat Harimau Masuk Kampung
Ustaz Abdul Somad (UAS) direncanakan akan menghadiri tabligh akbar di Ruang Terbuka Hijau Solok Selatan (Solsel) di Padang Aro.
Ustaz Abdul Somad Dijadwalkan Hadiri Tabligh Akbar di Solsel, Catat Jadwalnya