Fraksi Gerindra Soroti Pelantikan Pejabat Meninggal di Sumbar

Pemerintah provinsi di Sumbar melantik seorang pejabat yang telah meninggal dunia malam tahun baru 2022, tepatnya Jumat (31/12/2021) lalu.

Anggota DPRD Sumbar Hidayat [kiri]. [Foto: Langgam/Fuadi Zikri]

Langgam.id - Fraksi Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyoroti pelantikan pejabat yang telah meninggal di lingkungan Pemprov Sumbar.

"Dalam rangka tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, masih ditemukan adanya pejabat yang dilantik berstatus sudah meninggal," kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Sumbar Hidayat, Senin (3/1/2022).

Menurut fraksi Gerindra, kata Hidayat, pelantikan pejabat yang telah meninggal menandakan ketidaktelitian Pemprov Sumbar dalam proses pelantikan.

"Ini artinya tidak hati-hatinya Pemprov (Sumbar, red) dalam mengusulkan pejabat yang akan dilantik," kata anggota Komisi III Bidang Keuangan itu.

Pelantikan itu dilangsungkan pada malam tahun baru 2022, tepatnya Jumat (31/12/2021) lalu. Setidaknya ada sekitar 414 pejabat fungsional yang dilantik di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

Pelantikan didasarkan pada SK Nomor 821.22/6842/BKD-2021 tertanggal 31 Desember 2021 yang merupakan tindak lanjut dari instruksi Peraturan Menpan RB Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penyetaraan Jabatan Admisnistrasi ke dalam Jabatan Fungsional.

Pejabat yang meninggal itu bernama Indra Mardanus. Dia sebelumnya menjabat Kepala Sub Bagian Fasilitasi Perencanaan dan Pelaporan Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi.

Indra dilantik menjadi Perencana Ahli Muda Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi. Padahal, Indra diketahui meninggal pada 24 November 2021 lalu. Selain itu, terdapat pula sejumlah pejabat yang telah pensiun. (*)


Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

BK DPRD Sumbar berencana menerapkan pola pemberian reward untuk memotivasi anggota dewan dalam meningkatkan disiplin kinerja.
Tingkatkan Disiplin Kinerja Dewan, BK DPRD Sumbar Berencana Terapkan Sistem Reward
Jamaah Masjid Baitul Mukmin Labuah Baru Payakumbuh bisa tersenyum lega, pasalnya impian punya ambulans terwujud di momen Hari Raya
Masjid Baitul Mukmin Payakumbuh Akhirnya Punya Ambulans, Supardi: Alhamdulillah
Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengungkapkan bahwa salah satu unsur penopang perekonomian Sumatera Barat adalah sektor UMKM.
Tinjau Booth Paviliun Sumbar di PRJ 2024, Supardi Dorong UMKM Payakumbuh Ekspansi ke Pasar Global
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
Bukittinggi, Payakumbuh selama ini hanya sekedar kota perlintasan. Sehingga perekonomian Payakumbuh hanya bertumpu pada sektor
Jadikan Payakumbuh Kota Tujuan, Supardi Ajak Tokoh Adat Bangga dengan Budaya Sendiri