Forkopimda Sumbar Pastikan Kelancaran Alur Transportasi dan Kamtibmas Selama Lebaran 2024

Jalur satu arah atau one way di rute Padang-Bukittinggi mulai dilaksanakan besok, Minggu (7/4/2024). One way ini akan digelar hingga 15

Suasana peresmian uji coba sistem satu arah atau one way di Simpag 3 Pasar Sicincin, Padang Pariaman. [foto: Polda Sumbar]

Langgam.id - Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah bersama Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono dan jajaran Forkopimda memantau sejumlah pos pengamanan (pos pam) Idulfitri 1445 H di beberapa kabupaten/kota di Sumbar, Selasa (09/4/2024).

Pemantauan dilakukan untuk memastikan kelancaran arus transportasi, kesiapsiagaan bencana, serta terselenggaranya keamanan dan ketertiban (kamtibmas) selama momentum Lebaran.

Pemantauan diawali dengan mengecek pos pam di Simpang Padang Luar Bukittinggi, yang menjadi salah satu posko utama untuk memastikan kelancaran pelaksanaan sistem one way atau sistem jalur satu arah Padang-Bukittinggi selama momentum Lebaran. Dari Padang Luar, Gubernur beserta rombongan melewati jalur Bukittinggi-Padang via Malalak untuk memastikan sistem one way berjalan lancar.

“Mengulangi kesuksesan pelaksanaan sistem one way pada Lebaran tahun lalu, Pemprov Sumbar bersama Polda dan Forkopimda terkait kembali memberlakukan sistem ini. Alhamdulillah, setelah tadi kita lewati di H-1 Lebaran, arus transportasi sangat lancar,” ucap Mahyeldi, dilansir dari InfoPublik Padang, Kamis (11/4/2024).

Setelah memantau pos pengamanan di jalur one way, Gubernur bersama Kapolda dan jajaran Forkopimda Sumbar bergerak memantau sejumlah pos pengamanan di Kota Padang, di mana total terdapat 13 pos pengamanan yang bertugas siang malam untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam berlebaran tahun ini.

“Kita melihat kesiapan petugas di Pos Pengamanan Terpadu, di mana tidak hanya kepolisian, tetapi juga ada TNI, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan unsur terkait lainnya yang bertugas untuk memastikan kenyamanan masyarakat dalam merayakan Idulfitri di Sumbar pada tahun ini,” tutur Mahyeldi. 

Selain di pusat-pusat keramaian dan destinasi wisata, sambung Gubernur, Pos Pengamanan juga berdiri di seluruh pintu masuk dari dan keluar Sumbar. Seluruh persiapan itu dilakukan semata-mata untuk menghadirkan kenyamanan bagi masyarakat. Terlebih, pada tahun ini lebih banyak pemudik atau perantau yang pulang untuk berlebaran di kampung halaman.

Di sisi lain, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono menyebutkan, lebih dari 2.000 petugas tersebar di seluruh pos pengamanan dan Pos Pelayanan Terpadu Operasi Ketupat di Sumbar. Selain memastikan kelancaraan arus transportasi, petugas juga terus berupaya memastikan terselenggaranya Kamtibmas selama masa Lebaran tahun ini.

“Seluruh pos itu terbuka bagi masyarakat umum. Jika ada keluhan dan gangguan yang dialami selama berlebaran, silakan datang melakukan pengaduan ke pos pelayanan yang telah disiagakan tersebut. Sebab, kehadiran pos-pos tersebut semata-mata untuk menghadirkan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh masyarakat kita,” tandas Kapolda Suharyono. (*/Yh)

Tag:

Baca Juga

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekrat) sudah mengumumkan 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang ADWI 2024.
Selamat! 3 Desa Wisata di Sumbar Masuk 50 Besar ADWI 2024
65 Anggota DPRD Sumbar berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih tersisa hingga akhir masa jabatan periode 2019-2024 berakhir.
65 Anggota DPRD Sumbar Komitmen Selesaikan Pekerjaan Tersisa hingga Akhir Masa Jabatan
Eks Personil JKT48 Elaine Hartanto Meriahkan Festival Budaya Jepang Bunkasai XXI di UBH
Eks Personil JKT48 Elaine Hartanto Meriahkan Festival Budaya Jepang Bunkasai XXI di UBH
Gubernur Mahyeldi Libatkan Semua Pihak Tangani Bencana Sumbar
Gubernur Mahyeldi Libatkan Semua Pihak Tangani Bencana Sumbar
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
Hebatnya kampus itu ditandai dengan mahasiswanya berprestasi. Dosen dan pimpinan yang hebat, karena mahasiswanya berprestasi.
UIN IB Padang Ciptakan Mahasiswa Berprestasi Lewat Pelatihan Student Literacy Camp 2024