FORKI Sumbar Sampaikan Ucapan Duka untuk Tragedi Kanjuruhan

forki-sumbar-sampaikan-ucapan-duka-untuk-tragedi-kanjuruhan

Ketua Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (FORKI) Sumbar Andre Rosiade (dua kiri) dampingi Ketua Umum PB FORKI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. [Foto: Gerindra Sumbar]

Langgam.id - Ketua Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (FORKI) Sumbar Andre Rosiade menyampaikan ucapan duka terhadap tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Ucapan itu disampaikan disela pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate 2022 oleh Ketua Umum PB FORKI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Senin (3/10/2022). Hal serupa juga disampaikan Hadi Tjahjanto.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun. Ini jadi pelajaran bagi kita dalam mengadakan iven olahraga di mana saja," kata Andre, anggota DPR RI itu.

Hadi juga mengaku turut berbelasungkawa atas tragedi di Stadion Kanjuruhan. Dia berpesan agar para atlet menjunjung tinggi sportivitas.

"Semoga Kanjuruhan ini tragedi terakhir. Bertanding hanyalah di lapangan. Namun bersandinglah setelah selesai," kata Hadi sembari menyebut pentingnya sportivitas dan solidaritas.

Terkait kejuaraan sendiri, kali ini para atlet bertarung merebutkan piala bergilir Ketum FORKI yang dihelat 3-6 Oktober 2022 di Auditorium UNP, Kota Padang. Kejurnas Karate 2022 menjadi ajang kompetisi atlet muda dari semua daerah sehingga mampu menciptakan atlet berprestasi sampai level internasional.

Kejurnas Karate 2022 itu, tambah Andre, merupakan wujud keseriusan dari pencinta olahraga karate terutama FORKI Sumbar. Ini sekaligus sebagai upaya untuk membangun jembatan agar organisasi berjalan baik.

Andre menyebut, Kejurnas Karate 2022 merupakan suatu kehormatan yang harus dilaksanakan sebaiknya. Dimana, beberapa bulan terakhir pihaknya telah berupaya mewujudkan acara ini agar dapat diselenggarakan dengan baik.

Ucapan terima kasih pada panitia, disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu sebab telah bekerja luar biasa siang dan malam. Terima kasih juga disampaikan pada Ketua Umum PB FORKI, Sekjen dan lainnya sehingga kegiatan bisa dilaksanakan.

Sebelumnya, telah dilaksanakan dua kali kejuaraan tingkat daerah (Kejurda) dan berlangsung sukses. Kejurnas kali merupakan wujud komitmen FORKI Sumbar membantu generasi muda berkualitas melalui karate.

Kejurnas diikuti 21 perguruan dari 32 perguruan dan 1.300 atlet. Jumlah yang membuktikan Kejurnas Karate 2022 sangat mendapat dukungan.

Menurut Ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) itu, perhatian Pemda sangat diperlukan agar kegiatan bisa berjalan baik. Tak lupa, Andre menyampaikan terima kasih pada Rektor UNP Prot Ganefri yang memasilitasi tempat bertanding.

Sisi lain, Andre Rosiade meminta agar Pemprov Sumbar membangun fasilitas yang baik untuk penyelenggaran ajang berskala nasional. Sejauh ini, Sumbar belum punya stadion indoor yang layak.

"Ini penting untuk kemajuan olahraga di Sumbar," katanya.

Andre berharap kejuaraan yang sedang berlangsung berjalan sportif. Jangan sampai ada hal tidak objektif yang merugikan para atlet.

Andre Dilantik jadi Ketua FORKI Sumbar

Selain membuka kejuaraan, Ketua Umum PB FORKI resmi melantik kepengurusan FORKI Sumbar periode 2021-2025 di Auditorium UNP, Kota Padang, Sumbar, Senin (3/10/2022).

Andre Rosiade dilantik menjadi ketum FORKI Sumbar bersama Ketua Harian Alvira, Sekretaris Devika Yuviandra dan Bendahara Erman Safar.

Hadi mengingatkan, pengurus FORKI Sumbar harus siap mengabdikan diri terhadap organisasi yang dilandasi sumpah karate. Dalam kepengurusan harus ikhlas dan siap berkorban serta memberikan pengabdian terbaik.

"Amanat yang diterima harus dilandasi dengan rasa peduli dan tanggung jawab yang tinggi terhadap organisasi. Bukan hanya sekadar mencari jabatan," katanya.

Baca Juga: Hadi Tjahjanto Resmi Buka Kejurnas Karate di Padang, Minta Junjung Tinggi Sportivitas

Ketum juga meminta kesiapan kepada pengurus dan bersedia mempertanggung jawabkan kehormatan yang dipercayakan. Permintaan itu disambut Andre Rosiade dan berjanji akan menjalankan amanah dengan baik.

---

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Saat di Sumbar, Prabowo Tanyakan Kabar Pratama Arhan ke Andre Rosiade
Saat di Sumbar, Prabowo Tanyakan Kabar Pratama Arhan ke Andre Rosiade
Bank Mandiri mampu menyalurkan kredit konsolidasi sebesar Rp 1.435 triliun pada kuartal I 2024. Angka tersebut meningkat 19,1% secara
Dorong Hilirisasi Komoditas Tambang, Andre Rosiade Apresiasi MIND ID
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Partai Gerindra Sumbar Dirikan Posko dan Dapur Umum untuk Korban Bencana Banjir Bandang di Agam dan Tanah Datar
Partai Gerindra Sumbar Dirikan Posko dan Dapur Umum untuk Korban Bencana Banjir Bandang di Agam dan Tanah Datar