Festival PDRI 2022 Dibuka, Telusuri Kembali Jejak Budaya PDRI Masa Dulu

Festival PDRI 2022 Dibuka, Telusuri Kembali Jejak Budaya PDRI Masa Dulu

Ketua DPRD Sumbar Supardi membuka Festival PDRI 2022, Senin (12/12/2022) di Payakumbuh. (Foto: Dharma Harisa)

Langgam.id - Peringati 74 tahun Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI), Festival PDRI 2022 resmi dibuka. Festival yang mengusung konsep "Menikam Jejak Budaya Zaman PDRI" itu dibuka oleh Ketua DPRD Sumbar Sapardi, Senin (12/12/2022) malam.

Diikuti oleh anak silek dan sasaran silat se-Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota, peserta akan melakukan napak tilas dari Agamjua Art & Culture, Padang Tangah, menuju Museum PDRI di Koto Tinggi 50 Kota.

Supardi dalam sambutannya menyampaikan, napak tilas ini dilakukan agar pemuda khususnya anak silek dapat mengilhami perjuangan para tokoh PDRI.

Pemilihan sasaran dan anak silek sebagai peserta kata Sapardi adalah bagian terdekat dari perjuangan PDRI.

"Kenapa kami mengundang anak silek dan sasaran silek? Karena perjuangan oleh orang tua orang tua kita dahulu berangkat dari surau/langgar," ucapnya.

Di surau-surau lah, para tokoh-tokoh PDRI berunding dan berkumpul, lanjut politikus Gerindra itu. "Dan silat, basisnya adalah surau, basis kita adalah masjid. Semangat ini yang akan kita bawa dalam perjalanan besok," tuturnya.

Ia mengharapkan para peserta bisa meresapi perjuangan orang tua kita dahulu di Minang dengan berjalan kaki.

Kepala Bidang Seni Budaya dan Diplomasi Budaya Dinas Kebudayaan Sumbar, Husein juga menekankan pentingnya warisan PDRI. "Payakumbuh dan Limapuluh Kota adalah tempat penting dalam menjaga kemerdekaan Republik Indonesia," tutur Husein.

Tanpa adanya perjuangan itu, ucap Husein, barangkali kemerdekaan tidak bisa dipertahankan.

Pada pembukaan malam ini, agenda festival juga diiringi pentas kesenian dan kebudayaan. Di antaranya, ada penampilan Gamad dari group Sampai Hati, Indang Solok dengan cerita perjuangan PDRI, dan story telling kisah PDRI, oleh Siswa SMA N 4 Payakumbuh.

Festival ini akan diadakan dalam tiga hari kedepan sampai tanggal 14 Februari. Pada hari terakhir, akan ada diskusi panel bertemakan surau dan perjuangan PDRI. (Dharma Harisa/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Wako Payakumbuh: 2024, Anggaran Banyak Terserap Pilkada
Wako Payakumbuh: 2024, Anggaran Banyak Terserap Pilkada
Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menghadiri undangan jamuan makan malam pada peringatan tahun baru Imlek 2574 bersama Komunitas HBT
Pj Wako Payakumbuh Hadiri Peringatan Tahun Baru Imlek Bersama Komunitas HBT
Peresmian Posko UPP Saber Pungli sekaligus launching aplikasi pengaduan masyarakat Whistle Blower Sistem (WBS) dilaksanakan di MPP Payakumbuh
Cegah Pungutan Liar, Posko UPP Saber Pungli Kini Hadir di MPP Payakumbuh
Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh matangkan persiapan guna memaksimalkan zonasi jelang PPDB tahun pelajaran 2023/2024 jenjang SD dan SMP.
Disdik Payakumbuh Matangkan Persiapan Jelang PPDB SD dan SMP
Sebanyak 141 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Payakumbuh dilantik oleh Ketua KPU Kota Payakumbuh di Balai Sidang Bung Hatta Bukittinggi
Lantik 141 PPS se-Payakumbuh, Ketua KPU: Buktikan Kalau Kita Layak Sebagai penyelenggara
Kendalikan Inflasi Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Siapkan Sejumlah Langkah Ini
Kendalikan Inflasi Jelang Lebaran, Pemko Payakumbuh Siapkan Sejumlah Langkah Ini