Dulu Diresmikan Bung Hatta, Masjid di Bukittinggi Ini Kini Diresmikan Jusuf Kalla

Dulu Diresmikan Bung Hatta, Masjid di Bukittinggi Ini Kini Diresmikan Jusuf Kalla

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan masjid di Bukittinggi. (Foto; Diskominfotik Sumbar)

Berita Bukittinggi - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: dulu diresmikan Bung Hatta, masjid di Bukittinggi ini, kini diresmikan Jusuf Kalla

Langgam.id - Bangunan lama Masjid Tablighiyah Garegeh, Koto Salayan, Kota Bukittinggi pada 1970 diresmikan oleh Bung Hatta, proklamator dan wakil presiden pertama. Kini, pada Jumat (18/3/2022), bangunan baru masjid ini diresmikan Jusuf Kalla yang merupakan wakil presiden ke-10 dan ke-12.

Diskominfotik Sumbar merilis, peresmian masjid ini ditandai dengan shalat Jumat pertama di bangunan baru. Dalam kunjungan ke masjid itu, JK didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Selain meresmikan masjid, Rang Sumando yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia tersebut juga meletakkan batu pertama untuk pembangunan fasilitas pendidikan masjid. Yakni, Pondok Tahfiz, TK Assalam, dan Gedung Serbaguna Tablighiyah.

Masjid, menurut JK adalah satu dari tiga modal dasar orang Minang. "Modal orang Minangkabau ada tiga, masjid, sekolah dan pasar," kata JK dalam sambutannya.

Tapi, menurutnya, ada yang perlu dievaluasi. "Saya melihat tokoh agama asal Sumbar yang tampil di nasional sudah berkurang, sulit dicari. Banyak orang Bugis yang ceramah di televisi. Jadi saya berharap jangan hanya bangun masjid tapi juga harus disiapkan program-programnya," ujar JK, sebagaimana dirilis situs resmi Pemprov Sumbar.

Jusuf Kalla bersyukur, kecintaan kepada masjid akan terus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. "Terbukti bahwa kita semua bergotong royong membangun masjid ini, itulah harapan saya," tuturnya.

Gubernur Mahyeldi berterima kasih atas kunjungan JK ke Sumbar. Ia mengakui masjid memang sesuatu yang fundamental bagi orang Minang. S

"Pemprov Sumbar telah menjadikan masjid sebagai pusat implementasi ABS-SBK, semoga bisa diikuti oleh kabupaten dan kota yang lain," ujarnya.

Wali Kota Bukittinggi Erman Sapar menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Hj. Nurhelmi Djamaan yang telah menyerahkan tanah untuk pembangunan masjid, serta seluruh donatur pembangunan masjid yang juga pernah diresmikan shalat jumat pertamanya di lantai II pada 20 Februari 1981 oleh Ketua MUI pertama RI, Buya Hamka.

Salah seorang putri Hj. Nurhelmi Djamaan, Patra Rina Dewi, mengatakan, tanah yang diwakafkan untuk pembangunan masjid sudah menjadi kesepakatan orangtuanya bersaudara.

Selanjutnya, kegiatan peresmian dilanjutkan dengan shalat jumat berjemaah dengan Khatib Jumat oleh Buya Mas'oed Abidin dan Imam Sholat oleh Buya Mahyeldi.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolda Sumbar Teddy Minahasa Putra, Sekdaprov Sumbar Hansastri, Aristo Munandar, serta tokoh masyarakat Garegeh. (*/SS)

Dapatkan update berita Bukittinggi – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengeluarkan Surat Edaran Nomor 400/1140 /Kesra/XII-2023 tentang Pergantian Tahun Baru Masehi di
Gempa 4 Kali Guncang Bukittinggi hingga Siang Ini
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Selama libur Lebaran 2024, tingkat hunian hotel dan penginapan di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar), mengalami kenaikan 100 persen
Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel di Bukittinggi Naik 100 Persen Dibanding 2023
Sempat Terhambat Akibat Air Meluap di Kelok Hantu, Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi Buka Tutup
Sempat Terhambat Akibat Air Meluap di Kelok Hantu, Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi Buka Tutup
Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi telah menyiapkan 14 titik parkir resmi selama libur Idul Fitri 1445 Hijriyah atau 2024. Belasan titik
Pemko Bukittinggi Siapkan 14 Titik Parkir Resmi, Ini Lokasi dan Tarifnya
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar