Doni Monardo Puji Langkah Pariaman Lakukan Penghijauan untuk Mitigasi Tsunami

Pohon Pantai pariaman

Ilustrasi - kawasan Pantai di Kota Pariaman. (Foto: pariamankota.go.id)

Langgam.id - Kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memuji cara Pemko Pariaman melakukan mitigasi tsunami dengan penghijauan. Doni melihat hal tersebut dibuktikan dengan perawatan pohon di sepanjang pantai termasuk pohon yang ditanam Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Saya melihat kesungguhan Pemerintah Kota Pariaman, untuk melestarikan dan merawat tanaman yang ditanam, karena setelah ditanam oleh Bapak Wakil Presiden dan pejabat yang hadir, semua tanaman tersebut tumbuh dengan baik, dan kami mengapresiasi atas usaha dari pak wali dan Pemko Pariaman untuk mewujudkan hal tersebut," kata Doni di Pariaman, Rabu (14/4/2021).

Menurut Doni, pohon yang ditanam Ma'ruf Amin punya peluang tumbuh yang besar. Peluang pohon itu tumbuh bahkan mencapai 90 persen.

"Saya lihat, setelah satu minggu lebih pohon ini ditanam, daunnya masih ada, maka hal ini menunjukkan pohon tersebut berpeluang untuk hidup lebih dari 80 sampai 90 persen," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar, menyatakan pihaknya serius dalam melakukan mitigasi bencana di daerah itu. Dia berharap penanaman pohon itu bisa meminimalisir dampak jika terjadi tsunami.

"Dengan kita menanam pohon di sepanjang pantai pariaman, dampaknya nanti bisa dapat mengurangi dampak tsunami, sehingga hal ini sangat diperlukan," katanya.

"Kami akan terus menanam pohon di sepanjang kawasan pantai Kota Pariaman dan mengutamakan penggunaan pohon pinago dan ketapang, yang merupakan tumbuhan endemik yang ada di daerah Kota Pariaman," imbuhnya. (*ABW)

Baca Juga

Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Disabilitas, Mereka yang Kerap Terabaikan dalam Urusan Bencana
Disabilitas, Mereka yang Kerap Terabaikan dalam Urusan Bencana
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
Unand Luncurkan Prodi Magister Manajemen Bencana
Unand Luncurkan Prodi Magister Manajemen Bencana
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal