Ditangkap di Sumbar, 2 Terduga Peretas Situs Setkab Dibawa ke Mabes Polri

dukun gadungan

Ilustrasi borgol. [foto: pixabay]

Langgam.id - Polisi menangkap dua orang terduga peretas situs Sekretaris Kabinet (Setkab) di wilayah Sumatra Barat (Sumbar). Kedua terduga pelaku itu dibawa ke Mabes Polri di Jakarta.

Menurut Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, pihaknya hanya membantu dan memfasilitasi dalam proses penangkapan. Sepenuhnya, penanganan dilakukan di Mabes Polri.

"Kami hanya backup sama perlengkapan (penangkapan). Tapi penanganan kasus di Mabes Polri," kata Satake Bayu, Minggu (8/8/2021).

Dua orang yang diduga pelaku peretas situs Setkab ini berinisial BS alias ZYY (18) dan MLA alias Lutfifake (17). Keduanya berasal dari Sumbar.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan, kedua orang ini ditangkap di dua lokasi berbeda, yakni Kota Padang dan Kabupaten Dharmasraya.

“Barang bukti yang disita berupa dua laptop, tiga handphone dan satu charger laptop,” katanya.

Diketahui sebelumnya, pelaku peretasan situs Setkab meninggalkan tulisan di dalam situs yakni Padang Black Hat | Anon Illusion Tea. Pwned By Zyy Ft Lutfifake.

Sampai Minggu (8/8/2021), situs Setkab masih belum bisa diakses. Dalam laman website, tertera bahwa situs sedang update sistem.

“Kami akan segera kembali! Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya, saat ini kami sedang melakukan update sistem,” begitu narasi yang ditampilkan dalam situs.

Baca Juga

Muhammad Husni Sabil (28), yang menjadi korban TPPO di Myanmar akhirnya dapat dipulangkan ke tanah air. Sabil sendiri adalah warga Sijunjung,
Pemprov Sumbar Beri Pendampingan Psikologis dan Hukum pada Korban TPPO Asal Sumbar di Jakarta
Ilustrasi kekerasan seksual
Seorang Gadis Asal Sumbar Berhasil Lolos dari Perdagangan Manusia di Jakarta
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit
Marapi Kembali Erupsi
Marapi Kembali Erupsi
Meski Kalah Telak dari Anies, 6 Daerah di Sumbar Ini Masih Dikuasai Prabowo
Meski Kalah Telak dari Anies, 6 Daerah di Sumbar Ini Masih Dikuasai Prabowo
KPU terus memperbarui hasi hitung suara atau real count untuk Pemilu 2024. Berdasarkan real count sementara, PKS masih unggul dalam pemilihan
PKS dan Gerindra Bersaing Ketat, Ini Perkiraan 10 Kursi Caleg Dapil I DPRD Sumbar