Diskominfo Pariaman Adakan Bimtek Website Desa

Diskominfo Pariaman Adakan Bimtek Website Desa

Diskominfo kota pariaman (ist)

Langgam.id- Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pariaman bidang E-Gov mengadakan bimbingan teknis website desa di kantor Desa Sunur Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman. Rabu, (19/2/2020)

“Hari ini kita kembali melaksanakan bimbingan teknis untuk website desa. Bimtek untuk Tahun 2020 merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya. Dimana Tahun 2019 kita mengadakan bimtek untuk 2 (dua) kecamatan yaitu Kecamatan Pariaman Tengah dan Utara, namun sekarang kita laksanakan untuk Kecamatan Pariaman Timur dan Selatan. Tapi sekarang kita bimtek dulu operator desa se Kecamatan Pariaman Selatan yang dipusatkan di Kantor Desa Sunur, “ ungkap Kepala Bidang Pelayanan E-Government Yati Syerlina saat dijumpai tim media center Kota Pariaman.

Baca juga : BNPB Pusat kenalkan InaRISK Personal di Kota Pariaman

Informasi tentang desa merupakan hal yang penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Bagi masyarakat, biasanya informasi mengenai desa didapatkan pada saat ada kegiatan desa. Namun walaupun telah mengikuti kegiatan tersebut tetapi masih banyak masyarakat yang belum mengetahui secara detail mengenai desanya sendiri. Informasi yang tersusun dengan rapi dan baik akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai desa. Maka dari itu dibangunlah sistem informasi desa dalam bentuk website desa sebagai media sarana untuk memudahkan masyarakat dalam mengetahui layanan, informasi serta berita desa.

“Untuk melaksanakan kewenangannya, pemerintah desa wajib memiliki sistem Informasi Desa yang menjamin rencana dan pelaksanaan pembangunan desa dapat dipantau oleh masyarakat desa. Terkait dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Desa mengamanatkan kepada Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan, meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia. Itulah salah satu alasannya kami mengadakan bimtek ini, “ terangnya.

Baca juga : Dinas P3 Kota Pariaman Bantu Petani Pasarkan Hasil Tani

Tujuan website desa sendiri adalah untuk publikasi keberadaan Desa ke seluruh Indonesia bahkan dunia, menginformasikan profil dan seluruh potensi desa, mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi mengenai desa, dapat memberikan informasi ke publik pembangunan desa sehingga bisa bersinergi dengan gerak langkah pembangunan daerah, “ tambahnya.

Ia berharap setelah dilaksanakannya bimbingan teknis website desa ini, semua operator lebih kreatif dan bijak dalam mengelola website desa. Penggunaan dari website desa ini bisa mengeksplor apa saja yang ada di desa tersebut. (Inforial)

Baca Juga

Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
DPRD Kota Pariaman Lantik 2 Anggota PAW Sisa Masa Jabatan 2019-2024
DPRD Kota Pariaman Lantik 2 Anggota PAW Sisa Masa Jabatan 2019-2024
Pj Wako Pariaman Lepas Persikopa Berlaga di Piala Soeratin U-17
Pj Wako Pariaman Lepas Persikopa Berlaga di Piala Soeratin U-17
Turunkan Angka Stunting, Pariaman Terima DAK Rp3,17 Miliar
Turunkan Angka Stunting, Pariaman Terima DAK Rp3,17 Miliar
PAD Kota Pariaman dari Sektor Pariwisata Meningkat
PAD Kota Pariaman dari Sektor Pariwisata Meningkat