Dikunjungi Dubes Arab Saudi, Pessel Tawarkan Investasi di KEK Mandeh

Dikunjungi Dubes Arab Saudi, Pessel Tawarkan Investasi di KEK Mandeh

Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia H.E Esam bin Ahmed Abed Al Thaqafi bersama Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar di kawasan Mandeh. [Mc Prov Sumbar]

Berita Pesisir Selatan - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Dikunjungi Dubes Arab Saudi, Pessel Tawarkan Investasi di KEK Mandeh.

Langgam.id - Dikunjungi Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Pemda Pesisir Selatan (Pessel) menawarkan potensi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh, Senin (31/1/2022).

Potensi KEK Mandeh menjadi prioritas sebab Duta Besar H.E Esam bin Ahmed Abed Al Thaqafi mengunjungi langsung kawasan tersebut pada hari ketiga kunjungan kerja di Sumbar. Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengatakan, secara administrasi, KEK Mandeh sudah lengkap, termasuk segala perizinannya.

"Masyarakat setempat bahkan telah menyepakati pembebasan lahan seluas 412 hektare untuk mendukung pembangunan kawasan Mandeh," kata Rusma Yul Anwar di sela kunjungan.

Selain menawarkan potensi di kawasan Mandeh, pihaknya juga menawarkan potensi pengembangan energi baru terbarukan (EBT). Salah satunya Pembangkit Tenaga Listrik Minihidro.

Sedikitnya, Pesisir Selatan memiliki 22 sungai. Jika dimanfaatkan potensinya nyaris 100 MW dan kini sudah ada beberapa di antaranya telah beroperasi.

Diketahui, Duta Besar Arab Saudi berada di Sumatra Barat sejak Sabtu (30/1/2022). Ke Pesisir Selatan, mereka mengunjungi kawasan Mandeh menggunakan jalur laut. Didampingi Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, rombongan Dubes bertolak dari Dermaga Pol Air Bungus, Kota Padang.

Dubes Esam mengaku terkesan dengan keindahan alam yang ada di Kawasan Mandeh. Hubungan baik antara Pemerintah Sumbar dan Kerajaan Arab Saudi selama ini, katanya, akan menjadi modal bagi kemajuan investasi ke depan.

Pihaknya telah membicarakan rencana kedatangan delegasi investor dan pelaku bisnis asal Saudi untuk meninjau langsung potensi investasi di Sumbar. Kawasan Mandeh masuk dalam salah satu prioritas peninjauan ke depannya.

"Akan datang delegasi investor dan pebisnis dari Saudi dalam waktu dekat. Kita juga berharap untuk meminta waktu mereka agar mengunjungi Sumbar," ujarnya melalui penerjemah.

Baca juga: Dubes Arab Saudi Kunjungi Sumbar, Bahas Umrah Hingga Kerja Sama Pendidikan

Wakil Gubernur Audy Joinaldy mengatakan, sektor pariwisata kembali bangkit seiring membaiknya situasi pandemi. Potensi pertumbuhan wisata di Sumbar yang sangat besar membuka peluang investasi bagi para investor.

"Ini kesempatan baik bagi kita untuk menstimulus pertumbuhan ekonomi. Sekaligus, meningkatkan pendapatan masyarakat," kata Audy.

Dapatkan update berita Dharmasraya – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Puskesmas di Pesisir Selatan Diminta Siaga Menjelang Libur Panjang Idul Fitri
Puskesmas di Pesisir Selatan Diminta Siaga Menjelang Libur Panjang Idul Fitri
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim Randang Lokan Pesisir Selatan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia.
Randang Lokan Pesisir Selatan Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia
Sejumlah Titik Jalan Terputus Akibat Banjir di Pesisir Selatan Sudah Bisa Dilalui
Sejumlah Titik Jalan Terputus Akibat Banjir di Pesisir Selatan Sudah Bisa Dilalui
Jalur lintas Padang-Painan lumpuh total akibat adanya longsor Kecamatan Koto XI Tarusan. Tidak itu saja, lintas Padang-Bengkulu sementara
Jalur Lintas Padang-Painan Lumpuh Total, Padang-Bengkulu Tak Bisa Dilalui
Sumbar Dikepung Bencana, BNPB: 3 Meninggal, 9 Orang Hilang di Pesisir Selatan
Sumbar Dikepung Bencana, BNPB: 3 Meninggal, 9 Orang Hilang di Pesisir Selatan
Pasar Lunang Menambah Keberadaan Pasar Tradisional di Pesisir Selatan
Pasar Lunang Menambah Keberadaan Pasar Tradisional di Pesisir Selatan