Desain Surat Suara PSU DPD RI Sumbar Sudah Disetujui, KPU: Segera Dikirim ke Percetakan

Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.

Ilustrasi - Salah seorang pemilih memasukkan surat suara ke kotak suara. (Foto: CU)

Langgam.id - Desain surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (dapil) Sumbar.

KPU Sumbar sendiri sebelumnya sudah mengundang semua calon DPD untuk membahas desain surat suara tersebut.

"Desain surat suara sudah disetujui dan telah ditandatangani oleh semua calon DPD untuk PSU," ujar Ketua Divisi Teknis KPU Sumbar, Ory Sativa Syakban dilansir dari infopublik.id, Sabtu (29/6/2024).

Ia mengungkapkan bahwa desain surat suara yang sudah disetujui akan segera dikirimkan ke pihak percetakan untuk proses pencetakan surat suara DPD RI Sumbar.

"Ya, desain surat suara telah selesai dan sudah ditandatangani oleh calon DPD. Kami akan segera mengirimkannya ke percetakan," bebernya.

Dalam hal publikasi hasil, Ory menegaskan bahwa KPU Sumbar akan menggunakan Sistem Rekapitulasi (Sirekap) untuk memastikan transparansi informasi.

"Sistem Sirekap ini adalah bagian dari keterbukaan informasi dan berfungsi sebagai papan pengumuman, yang tidak lagi menampilkan grafik perolehan suara," terangnya.

Kemudian, kata Ory, KPU Sumbar bersama dengan KPU kabupaten dan kota sedang mempersiapkan penyelenggara Ad hoc untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, termasuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Mereka akan diberikan tugas tambahan untuk menyelenggarakan PSU DPD RI Dapil Sumbar serta mempersiapkan data DCT, Daftar Pemilih Khusus (DPK), dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang akan menggunakan hak pilihnya," ucapnya.

Ory mengharapkan langkah ini dapat memastikan kelancaran proses PSU dan melibatkan aktif semua pihak yang terkait. (*/yki)

Baca Juga

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
Ketua Bawaslu Akui Partisipasi Pemilih PSU DPD RI di Sumbar Menurun
Ketua Bawaslu Akui Partisipasi Pemilih PSU DPD RI di Sumbar Menurun
PSU DPD RI, Partisipasi Pemilih di Tanah Datar Hanya Sekitar 30 Persen
PSU DPD RI, Partisipasi Pemilih di Tanah Datar Hanya Sekitar 30 Persen
Didampingi Pj Wako Padang, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja Pantau PSU DPD di Sejumlah TPS
Didampingi Pj Wako Padang, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja Pantau PSU DPD di Sejumlah TPS
Pj Wali Kota Padang Andree Algamar melakukan pencoblosan untuk PSU DPD RI TPS 01 Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Sabtu
Lakukan Pencoblosan di TPS 01, Pj Wako Padang Akui Antusias Warga Kurang Ikuti PSU DPD
Polda Sumbar melaksanakan apel pengamanan dalam rangka pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI pada Sabtu pagi (13/7/2424) di halaman
Pastikan Kelancaran PSU DPD, Polda Sumbar Gelar Apel Pengamanan