David Chalik Hingga Sahabat UAS Mengincar Kursi Wali Kota Bukittinggi

David Chalik Hingga Sahabat UAS Mengincar Kursi Wali Kota Bukittinggi

David Chalik, seorang aktor asal Bukittinggi yang kini berminat terjun ke dunia politik (Sumber: Instagram David Chalik)

Langgam.id - Sebanyak 4 bakal calon (balon) Wali Kota Bukittinggi mendaftar ke partai Gerindra. Mereka beradu visi agar kelak dipinang Gerindra untuk menjadi kontestan dalam Pilkada 2020.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Bukittinggi, Ismunandi Syofyan mengatakan, 4 orang yang sudah mendaftar ke partai besutan Prabowo Subianto itu antara lain, Martias Tanjung, Fauzan Hafis, David Chalik, dan Erman Safar.

Dari yang sudah mendaftar, lanjut Ismunandi, hanya aktor David Chalik aslinya dari Bukittinggi. Sedangkan balon lainnya berasal dari Kabupaten Agam.

Selain asli Bukittinggi, David Chalik juga tercatat sebagai kader Gerindra. Sementara yang lainnya bukan anggota dari partai Gerindra. Apalagi, rata-rata kandidat tersebut juga sudah mendaftar di partai lain.

"David Chalik punya KTA Gerindra, jadi internal. Kalau yang lain belum ada di partai Gerindra," katanya Ismunandi kepada langgam.id, Jumat (8/11/2019).

Selain empat balon tersebut, akan ada sekitar 2-3 orang tokoh lainnya yang akan mendaftar ke Gerindra. Pihaknya sendiri akan membuka pendaftaran balon hingga tanggal 15 November.

"Kalau nama-nama yang akan mendaftar lebih baik tunggu saja pas pendaftarannya. Siapa saja boleh mendaftar asal punya kemampuan dan kemauan membangun Bukittinggi," ujarnya.

Setelah pendaftaran ditutup, DPC akan memberikan nama-nama ke DPD Gerindra Sumbar. Kemudian provinsi melakukan survei dan melakukan perengkingan. Setelah itu baru dikirim ke DPP dan nantinya keputusan tetap di tangan pusat.

Menurutnya, dalam penjaringan kandidat ini, Gerindra tentu melihat tentang apa visi-misi calon. Lantas melihat track record masing-masing. Paling penting adalah berkomitmen membesarkan partai kelak jika terpilih menjadi kepala daerah.

"Semua yang mendaftar sebagai calon wali kota, tidak tertutup kemungkinan menjadi calon wakil wali kota. Semua punya peluang, nanti kami menunggu dari DPP, siapa yang diputuskan untuk menjadi rekomendasi, maka kami laksanakan," katanya.

Di sisi lain, empat tokoh yang mendaftar sebagian di antaranya, tak asing bagi masyarakat Kota Bukittinggi, terutama David Chalik yang kerap menghiasi layar kaca televisi nasional sejak tahun 2000-an.

Kemudian ada sosok Erman Safar yang dikenal dekat dengan Ustaz Abdul Somad (UAS). Ia adalah seorang pengusaha properti di Kota Bandung dan juga ketua Yayasan Bukittinggi Madani Berbagi.

Kemudian Martias Tanjung adalah politisi yang sudah lama berkecimpung di panggung perpolitikan Kota Bukittinggi. Ia pernah duduk sebagai anggota DPRD Kota Bukittinggi selama 2 periode dan pernah duduk menjadi anggota DPRD Sumbar periode 2014-2019.

Selanjutnya Fauzan Haviz juga seorang politisi. Ia pernah menjadi anggota DPRD Bukittinggi periode 2014-2019. (Rahmadi/RC)

Baca Juga

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengeluarkan Surat Edaran Nomor 400/1140 /Kesra/XII-2023 tentang Pergantian Tahun Baru Masehi di
Gempa 4 Kali Guncang Bukittinggi hingga Siang Ini
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Selama libur Lebaran 2024, tingkat hunian hotel dan penginapan di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar), mengalami kenaikan 100 persen
Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel di Bukittinggi Naik 100 Persen Dibanding 2023
Sempat Terhambat Akibat Air Meluap di Kelok Hantu, Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi Buka Tutup
Sempat Terhambat Akibat Air Meluap di Kelok Hantu, Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi Buka Tutup
Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi telah menyiapkan 14 titik parkir resmi selama libur Idul Fitri 1445 Hijriyah atau 2024. Belasan titik
Pemko Bukittinggi Siapkan 14 Titik Parkir Resmi, Ini Lokasi dan Tarifnya
Bantuan beras dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi, belakang menjadi sorotan. Di media sosial, heboh bantuan itu karena
Heboh Beras Bantuan Baznas Ada Foto Wali Kota Bukittinggi, Banyak Dikecam