Daulat Insitute Sukses Laksanakan Program Kampanye Sekolah Sehat di Kabupaten Kepulauan Mentawai

PalantaLanggam - Direktorat SD Kemendikbud Ristek bersama Daulat Institute (DI) dan 23 lembaga mitra lainnya sukses penyelenggaraan presentasi akhir dari Program Pendampingan Kampanye Sekolah Sehat (KSS) di daerah afirmasi tahun 2023 di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kejar Mutu SD yang telah sukses dilaksanakan.  Kampanye Sekolah Sehat ini telah diselenggarakan di 17 Provinsi dan 24 Kabupaten yang termasuk dalam daerah afirmasi. Salah satunya adalah Provinsi Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam mewujudkan satuan pendidik, terutama sekolah dasar, yang mampu mandiri dan berkelanjutan dalam mengimplementasikan tiga aspek kesehatan, yaitu sehat gizi, sehat fisik, dan sehat imunisasi.

Didi Rahmadi, Direktur Eksekutif Daulat Institute (DI), menyampaikan bahwa program KSS ini menjadi penting karena melibatkan riset terpadu dari kementerian kesehatan dan perguruan tinggi. Program ini memberikan solusi terhadap kondisi kesehatan anak usia dini hingga usia sekolah yang mengkhawatirkan, terutama dalam beberapa tahun terakhir yang dipengaruhi oleh pandemi Covid-19.

"Keterbatasan sumber daya alam dan manusia di daerah-daerah afirmasi turut berkontribusi terhadap situasi ini," jelas Didi. "Kampanye Sekolah Sehat mengusung prinsip 3S, yaitu Sehat Bergizi, Sehat Fisik, dan Sehat Imunisasi, dan telah dilaksanakan di 30 sekolah dasar di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, yang tersebar di Kecamatan Sikakap, Pagai Utara, dan Pagai Selatan."

Program Kejar Mutu KSS ini, meskipun memiliki durasi relatif singkat kurang dari 3 bulan, telah memberikan stimulus pada satuan pendidik di Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk mengaktifkan kembali konsep Sekolah Sehat. Pentingnya pemahaman masyarakat, terutama di daerah afirmasi, tentang makanan bergizi, imunisasi, dan gaya hidup aktif sejak dini menjadi fokus utama. Riset status gizi Indonesia tahun 2022 mencatat kasus stunting sebanyak 21,6%, kasus wasting meningkat dari 7,1% di tahun 2021 menjadi 7,7% di tahun 2022, dan status underweight juga mengalami peningkatan dari 17% di tahun 2021 menjadi 17,1% di tahun 2022.

Masih ada permasalahan terkait imunisasi anak dan kontrol terhadap kantin di sekolah yang menjual jajanan tidak sehat. Daulat Institute, sebagai mitra fokus pada pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, tidak hanya memberikan edukasi tetapi juga memberikan saran dan masukan kepada sekolah-sekolah untuk merubah kebiasaan dan dogma orang tua siswa serta mendidik kantin dengan pendekatan yang baik.

Program KSS diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam perubahan perilaku dan pemahaman masyarakat terhadap kesehatan anak di masa depan. (*/Yh)

Baca Juga

Sebanyak 2 ribu ekor ikan asal Sumbar dikirim ke Jakarta pada Kamis (15/2/2024) lalu. Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (BKHIT)
Penuhi Persyaratan Kesehatan dan Keamanan, 2 Ribu Ekor Ikan Asal Sumbar Dikirim ke Jakarta
Kenali Minuman Sehat untuk Menurunkan Berat Badan
Kenali Minuman Sehat untuk Menurunkan Berat Badan
Perlu Diketahui Ini Penyebab Telinga Berdenging
Perlu Diketahui Ini Penyebab Telinga Berdenging
Hati-hati, Jangan Biasakan Menahan Kentut
Hati-hati, Jangan Biasakan Menahan Kentut
Pentingnya Support System untuk Meningkatkan Kesehatan Mental
Pentingnya Support System untuk Meningkatkan Kesehatan Mental
TK Barunawati Teluk Bayur Padang Ajak Murid Mencintai Batik
TK Barunawati Teluk Bayur Padang Ajak Murid Mencintai Batik