Darak Badarak Pariaman Akan Jajal Sumbar hingga Bali dan Malaysia

DARAK BADARAK KOTA PARIAMAN

Penampilan Darak Badarak Kota Pariaman di pelataran Jam Gadang Bukittinggi (Foto: Humas Kota Pariaman)

Langgam.id – Komunitas Seni Darak Badarak yang berasal dari Kota Pariaman tampil di pelataran kawasan wisata Jam Gadang, Bukittinggi. Penampilan itu cukup memukau wisatawan yang berada di sekitar lokasi.

Musik bergenre tardisional modern itu merupakan binaan dari Wali Kota Pariaman, Genius Umar, sejak 2013 lalu.

Penampilan komunitas Darak Badarak yang dipimpin Ribut Anton Sujarwo tersebut merupakan agenda road show satu decade berdirinya komunitas itu. Road show bertujuan memperingati sepuluh tahun esistensinya di dunia musik tradisional Sumatra Barat.

Tidak hanya itu, road show ini juga bertujuan membawa misi promosi pariwisata Kota Pariaman yang memiliki kekayaan seni dan budaya.

“Ini adalah penampilan road show kami yang kedua, setelah minggu lalu kita tampil dalam Festival Night di Permindo Padang. Sebelumnya, kita juga sudah launching road show di Pentas Gandoriah Pariaman,” ujarnya.

Bahkan, kata Ribut Anton, ditergetkan road show juga akan menjajal Negara tetangga, seperti Malaysia. “Kita direncanakan terus bergulir di seluruh ibukota kabupaten/kota di Sumatera Barat bahkan nanti sampai ke Bali dan juga Malaysia,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyebutkan, penampilan Darak Badarak bertujuan untuk menggugah para seniman di Sumbar, khususnya kaum milenial, agar mereka terus berkarya dan menunjukkan eksistensi serta peran bagi daerah masing-masing.

“Generasi muda harus melakukan hal yang produktif dan bemanfaat. Ukir prestasi dengan bakat yang dimiliki serta memberikan kontribusi bagi daerah dengan prestasi tersebut,” ujar Genius Umar yang juga merupakan Pembina Komunitas Darak Badarak Kota Pariaman.

Menurut Genius, hadirnya Darak Badarak itu selaian melestarikan budaya daerah, akan tetap mengikuti perkembangan zaman. “Semoga semakin banyak lagi yang menyusul jejak Komunitas Darak Badarak ini dalam rangka melestarikan budaya daerah dengan tetap mengikuti perkembangan zaman,” katanya. (*/ZE)

Baca Juga

Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah