Danrem Tutup Latihan Yonif 131 Payakumbuh Sebelum Tugas di Perbatasan Papua

Danrem Tutup Latihan Yonif 131 Payakumbuh Sebelum Tugas di Perbatasan Papua

Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada, S.E., M.M. secara resmi menutup latihan Pratugas Satgas Utama (Statis) Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs (Foto: Penrem/ korem032wbr.mil.id)

Langgam.id - Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada menutup latihan Pratugas Satgas Utama (Statis) pengamanan perbatasan Republik Indonesia - Papua Nugini (Pamtas RI-PNG). Penutupan digelar di Lapangan Krida Yonif 131/Brs Payakumbuh, Selasa (22/12/2020).

Membacakan amanat Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Danrem selaku irup mengatakan, latihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan satuan guna keberhasilan tugas operasi.

Satgas Yonif 131/Braja Sakti diharapkan mampu melaksanakan tugas yang dipercayakan oleh pimpinan TNI. Yakni untuk menjaga keamanan wilayah perbatasan serta melindungi masyarakat perbatasan darat sektor utara RI-PNG di wilayah Papua dari permasalahan yang mungkin timbul.

"Dengan demikian kalian harus memiliki naluri intelijen, naluri prajurit teritorial dan naluri bertempur. Serta menjunjung tinggi disiplin dan dedikasi yang tinggi di lapangan sebagai prajurit TNI AD yang selalu memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI," kata Danrem, sebagaimana dirilis Penrem di situs resmi Korem 032.

Menurutnya, kemampuan taktik dan teknik bertempur saja belum menjamin keberhasilan tugas tanpa adanya dukungan dari rakyat. "Oleh karena itu untuk memperoleh dukungan dari rakyat maka kalian harus melaksanakan pembinaan teritorial dengan baik," ujarnya.

Ia meminta prajurit mengajak segenap komponen masyarakat untuk menyadari kekurangan selama ini dan kembali menciptakan kebersamaan dalam keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antar golongan untuk kepentingan nasional. "Dengan kata lain bahwa kemampuan di bidang teknik dan taktik tempur harus diimbangi dengan kemampuan pembinaan teritorial dan kemampuan intelijen," kata Danrem.

Danrem berpesan, cara apapun yang dipilih dalam menjaga wilayah kondusif agar tidak terperangkap oleh kepentingan kelompok atau kepentingan sesaat yang merugikan dikemudian hari. "Untuk itu perhatikan masalah pengamanan dan jangan sampai terjadi keberpihakan prajurit terhadap hal-hal tertentu."

Danrem juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap pelatih dan pendukung yang terlibat dalam pelaksanaan latihan Pratugas tersebut. Turut hadir pada upacara Danrindam I/BB Kolonel Inf Wiston Purba, Kabaglat Kolonel Inf Tomson Pangaribuan, Dandim 0306/50 Kota, Dandim 0307/TD, Danyonif 131/Brs. (*/SS)

Baca Juga

Korem 032/Wirabraja mengadakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu di Lapangan RTH Imam Bonjol Padang pada Kamis (1/2/2024).
5 Ribu Personel TNI Disiapkan untuk Amankan Pemilu 2024 di Sumbar
Korem 032/Wirabraja menggadakan Festival Dragon Boat se-Sumbar yang digelar di Embung Objek Wisata Peridon Siap Maju Aek Nabirong,
Sambut HUT TNI ke-78, Korem 032/Wbr Gelar Festival Dragon Boat se-Sumbar di Pasbar
Wawako Sambut Kunjungan Danrem 032 Wirabraja di Pariaman
Wawako Sambut Kunjungan Danrem 032 Wirabraja di Pariaman
10 Perwira Korem 032 Wirabraja Naik Pangkat, 2 Jadi Letkol
10 Perwira Korem 032 Wirabraja Naik Pangkat, 2 Jadi Letkol
Denpom 1/4 Padang Periksa Kendaraan Personel Korem 032/Wirabraja
Denpom 1/4 Padang Periksa Kendaraan Personel Korem 032/Wirabraja
Berangkat dari Sumbar, 400 Prajurit Yonif 133 yang Akan Jaga Perbatasan Sampai di Dumai
Berangkat dari Sumbar, 400 Prajurit Yonif 133 yang Akan Jaga Perbatasan Sampai di Dumai