Dampak Virus Corona, 22 Hotel di Sumbar Tutup

22 Hotel di Sumbar Tutup Akibat Wabah Virus Corona

Ilustrasi Hotel (Foto: Pixabay)

Langgam.id - Wabah Virus Corona (Covid-19) berdampak terhadap berbagai sektor, termasuk dalam bisnis perhotelan. Hal ini mengakibatkan beberapa hotel di Sumatra Barat (Sumbar) terpaksa menutup aktivitas operasional sementara waktu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar, Maulana Yusran mengatakan, sebanyak 22 hotel telah menyatakan tutup untuk beroperasi. Hotel-hotel itu tersebar di berbagai kabupaten dan kota di Sumbar.

"Sekitar 22 hotel di Sumbar memilih untuk tutup. Sebaran hotel yang tutup itu ada di Kota Padang, Bukittinggi, Padang Panjang hingga Kabupaten Tanah Datar dan Kepulauan Mentawai. Paling banyak terdapat di Padang," kata Maulana dihubungi Langgam.id, Senin (6/4/2020).

Ia mengungkapkan, penutupan operasional hotel itu diakibatkan tingkat hunian hotel (okupansi) menurun drastis akibat dampak Virus Corona. Bahkan, mayoritas okupansi hotel saat ini hanya lima persen.

"Penutupan ya karena okupansi hotel menurun. Okupansi hotel di Sumbar itu hanya lima persen. Makanya hotel tutup beroperasi, di Sumbar paling banyak tutup itu tertanggal 1 April 2020 hingga waktu yang belum ditentukan," ungkapnya.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Sumbar Minta Dunia Wisata dan Hotel Berbenah Selama Pandemi Corona

Penutupan aktivitas perhotelan ini, kata Maulana juga berdampak terhadap para karyawan. Sehingga pihak hotel memutuskan untuk merumahkan seluruh karyawan.

"Para karyawan hotel terpaksa dirumahkan, ada tanpa dibayar, ada juga masih dibayar setengahnya. Untuk yang masih dibayar karyawannya, tidak tahu entah sampai kapan kekuatan pihak hotel (membayar)," katanya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum