Cegah Penyebaran Corona, Pemkab Pasaman Barat Dirikan 3 Posko di Perbatasan

Penaganan Virus Corona di Sumbar

Ilustrasi - Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Foto: Istimewa)

Langgam.id - Pemkab Pasaman Barat melalui Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) mendirikan tiga posko pengawasan di daerah perbatasan. Posko tersebut tersebar di Ranah Batahan perbatasan dengan Sumut, di Kinali berbatasan dengan Kabupaten Agam dan di Sinuruik dengan Kabupaten Pasaman.

Sekretaris Pelaksana Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pasaman Barat, Edi Busti mengatakan, pendirian pokso pengawasan perbatasan berdasarkan instruksi gubernur dan upaya pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Pasaman Barat.

"Setelah mendapatkan instruksi dan rapat di daerah, tim gugus tugas langsung bergerak cepat untuk mendirikan posko di pintu masuk Pasaman Barat," ujarnya, Sabtu (21/03/2020).

Baca juga: Pemkab Pasaman Barat Lakukan Langkah Cegah Penyebaran Virus Corona

Menurutnya, setiap posko pengawasan perbatasan akan diisi oleh sejumlah instansi. Seperti Dinas Kesehatan, Dishub, TNI, Polri , Satpol PP dan BPBD Pasaman Barat. Setiap instansi, memiliki tugas dan wewenang masing-masing. Posko juga menyediakan satu unit ambulans sebagai tempat pemeriksaan setiap masyarakat yang masuk ke Pasaman Barat.

"Setiap masyarakat dan kendaraan yang masuk akan kita periksa, jika ada kondisi atau suhu tubuh melebihi standar, akan di periksa intensif atau di bawa ke RSUD," jelasnya.

Baca juga : Perbatasan Darat Sumbar Mulai Dijaga, Pendatang Diperiksa Suhu

Lalu, posko pengawasan perbatasan juga akan memeriksa kendaraan yang ke luar, agar stok pangan di Pasaman Barat tetap terjaga dan aman. Jika terbukti ada aksi yang melanggar hukum, akan ditindak sesuai aturan berlaku.

"Kita akan berusaha agar Pasaman Barat terbebas dari penyebaran Covid-19 ," katanya. (Iyan/ZE)

Baca Juga

Sering Dilanda Banjir, Pemkab Pasbar Pindahkan Lokasi SDN 08 Sasak Ranah Pasisie
Sering Dilanda Banjir, Pemkab Pasbar Pindahkan Lokasi SDN 08 Sasak Ranah Pasisie
Audit Kasus Stunting, Wabup Pasbar Ingatkan Peran Camat dan Wali Nagari
Audit Kasus Stunting, Wabup Pasbar Ingatkan Peran Camat dan Wali Nagari
Tim Balai KSDA Sumbar mendatangi Bendungan PLTMH Tango di Pasaman Barat. Kedatangan ini karena adanya informasi dari masyarakat Kajai Selatan
Seekor Tapir Terjebak di Bendungan di Pasbar, BKSDA Sumbar Lakukan Verifikasi di Lokasi
Sebanyak 202 siswa mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Pasaman Barat tahun 2024 di Balerong Pusako Anak Nagari Simpang Empat, Jumat
202 Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Pasaman Barat
Sebanyak 8.646 pengunjung menikmati keindahan Muaro Sasak dan Pohon Seribu di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat,
Pemkab Pasbar Targetkan Kunjungan Wisatawan ke Pantai Sasak 60 Ribu Orang Tahun Ini
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat