Bupati Solok Selatan Cari Bantuan untuk Korban Bencana ke Jakarta

MUZNI ZAKARIA

Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria bersama Wamen PU&PR, Jhon Wembi Wepito di Bandara Seokarno Hatta, Jakarta sebelum bertolak ke Padang (Foto: Humas Pemkab Solsel)

Langgam.id – Bupati Kabupaten Solok Selatan, Muzni Zakaria terus berupaya untuk mencari bantuan bagi korban bencana di daerah itu. Bahkan, hari ini, Kamis (2/01/2019), Muzni bersama Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU&PR), Jhon Wembi Wepito akan berkunjung ke lokasi bencana.

“Kami sudah di dalam pesawat, siap-siap take off bersama Bapak Wakil Menteri PU&PR. Dari BIM, kami langsung ke Solok Selatan,” ujar Muzni Zakaria yang ikut bersama rombongan Wamen dari Jakarta, Kamis (2/01/2019).

Muzni berharap, adanya kunjungan Wamen PU&PR ke lokasi bencana banjir, dapat mempercepat proses proposal permohonan bantuan pasca bencana yang telah diajukan.

“Mudah-mudahan prosposal kita cepat ditindaklanjuti. Kita sudah sampaikan permohonan untuk relokasi, perbaikan infrastuktur dan bantuan lainnya,” ungkap Muzni.

Kunjungan Wamen PU&PR itu, kata Muzni, merupakan tindaklanjut dari pertemuan bersama Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) beberapa waktu lalu, terkait ekspos kebencanaan yang terjadi di Solok Selatan serta beberapa daerah lainnya.

Diketahui sebelumnya, Muzni Zakaria juga sudah bertemu dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan), Sarwo Edhy di Kantor Ditjen PSP Kementan, Senin (30/12/2019).

Dalam pertemuan itu, diketahui bahwa Solok Selatan akan mendapatkan sejumlah bantuan dari Ditjen PSP Kementan.

“Kita dapat bantuan eskavator dua unit, bibit, traktor roda dua dan empat serta bantuan perbaikan kerusakan irigasi tersier yang akan mengaliri 500 hektar lahan,” kata Muzni Zakaria.

Berdasarkan data terakhir yang dirilis Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, kerugian akibat bencana mencapai Rp61,7 miliar.

Terdiri dari kerugian akibat kerusakan 22 saluran irigasi, kerusakan 23 sungai, kerusakan 16 jalan dan delapan unit jembatan, kerusakan rumah masyarakat (rusak berat 47 unit, rusak sedang 9, rusak ringan 44, dan terendam 1.931).

Lalu, kerusakan lahan pertanian (89 hektar sawah, empat hektar lahan jagung, dan 175 hektar lahan pertanian cabai). (*/ZE)

Baca Juga

Festival durian solsel
Anak Bupati Solok Selatan Bakal Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara yang Ditanami Sawit
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Langgam.id - Harimau Sumatera yang ditangkap BKSDA Sumbar di Maua Hilia, Palembayan, Kabupaten Agam dinamai Puti Maua.
Warga Lubuk Gadang Tenggara di Solok Selatan Lihat Harimau Masuk Kampung
Ustaz Abdul Somad (UAS) direncanakan akan menghadiri tabligh akbar di Ruang Terbuka Hijau Solok Selatan (Solsel) di Padang Aro.
Ustaz Abdul Somad Dijadwalkan Hadiri Tabligh Akbar di Solsel, Catat Jadwalnya