Buka Sosialisasi PUG, Ini Pesan Wali Kota Pariaman

RSUD Pariaman Jadi Rujukan Pasien Corona, Wali Kota: Peralatan Kita Masih Minim

Wali Kota Pariaman, Genius Umar (Foto: MC Kota Pariaman)

Langgam.id - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman mengadakan sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) yang bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Selasa (25/2/2020).

“Hari ini kita sosialisasikan PUG, diikuti oleh seluruh OPD, Desa, Lurah se-Kota Pariaman. Tujuannya agar dapat membangun komitmen bagi para pembuat kebijakan untuk dapat menyusun kebijakan dan program kegiatan, dapat membangun kelembagaan PUG di daerah, dapat mengkoordinasi, mensinkronisasi program dan kegiatan,” ujar Wali Kota Pariaman, Genius Umar.

Kesetaraan dan keadilan gender, katanya,  menjadi salah satu tonggak pembangunan.

Kesetaraan dan keadilan gender memperkuat negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan dan pemerintah yang efektif apalagi ditengah kondisi Kota Pariaman saat ini.

Berbagai pembangunan dan renovasi sedang dilakukan untuk memperindah Kota Pariaman, karenanya dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk tercapainya program tersebut.

“Pengarusutamaan Gender adalah cross cutting isue atau isu lintas sektoral, artinya tanggung jawab pelaksanaannya bukan hanya diemban oleh DP3AKB Kota Pariaman saja, tapi oleh seluruh OPD di Kota Pariaman sampai tingkat desa/kelurahan,” jelasnya.

Dalam pengarusutamaan gender, kata Genius Umar, kita memastikan bahwa setiap orang haknya terpenuhi, baik itu laki-laki, perempuan, anak, dan penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya. “Kita akan mengintegrasikannya ke dalam perencanaan program pembangunan yang akan dibuat oleh suatu daerah,” ungkapnya.

Lalu, Genius Umar berharap dan mengajak seluruh undangan yang hadir untuk bersama-sama dan bahu-membahu menyelesaikan masalah PUG.

“Kita dorong komitmen dari seluruh OPD. Karena, permasalahan PUG dapat dituntaskan dimulai dari tingkat desa, untuk itu kita mulai dari penandatanganan Komitmen Bersama (MoU) Gerakan Percepatan Pelaksanaan dan Implementasi PUG Kota Pariaman,” katanya. (Inforial)

Baca Juga

Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah