BPBD Sumbar Perkirakan Jalur Lembah Anai Bisa Dilewati 2 Bulan Lagi

Sebanyak tujuh ruas jalan di Sumbar terdampak bencana alam banjir bandang dan tanah longsor pada 11 Mei lalu. Tidak itu saja, terdapat 46

Kondisi salah satu jalan terban di kawasa Lembah Anai akibat banjir bandang beberapa waktu lalu. [foto: Ist]

Langgam.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat memperkirakan jalur Padang-Bukittinggi via Lembah Anai bakal kembali bisa dilewati dalam dua bulan lagi.

Sekretaris BPBD Sumbar Usradeni mengatakan jalur Lembah Anai yang putus akibat bencana banjir bandang pada Jumat (11/5/2024) lalu sedang dalam pengerjaan, sehingga diperkirakan baru bisa dilewati untuk umum sekitar dua bulan lagi.

"Untuk jalur Lembah Anai sedang pengerjaan, perkiraan kita dua bulan lagi jalan darurat sudah bisa dilewati untuk umum," katanya kepada langgam, beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan untuk jangka panjang, jalan yang terdampak longsor di Lembah Anai diupayakan untuk dibangun flyover guna mengantisipasi kemungkinan bencana banjir bandang di kawasan itu terulang kembali.

Menurutnya, rencana pembangunan flyover itu sedang dimatangkan Pemprov Sumbar bersama Kementerian PUPR dan lembaga terkait lainnya.

Adapun, banjir bandang melanda sebagian wilayah Sumatra Barat pada 11 Mei lalu. Yaitu di Kabupaten Tanah Datar, Agam, dan Kota Padang Panjang. Sedikitnya, 61 orang meninggal dunia akibat bencana tersebut. (*/Fs)

Baca Juga

Badan Pertanahan Nasional (BPN) mencatat terdapat lebih kurang 107 objek terbangun di sepanjang kawasan Lembah Anai.
BPN: 107 Objek Terbangun di Sepanjang Kawasan Lembah Anai
Total kerugian akibat bencana yang melanda Sumatra Barat (Sumbar) pada 11-12 Mei 2024 lalu mencapai Rp516,8 miliar. Hal itu itu diketahui
BPBD: Kerugian Bencana di Sumbar Capai Rp516,8 Miliar
Tim gabungan melakukan melakukan penegakan aturan terkait pemanfaatan ruang di kawasan Lembah Anai melalui penindakan secara langsung berupa pemasangan plang peringatan.
Plang Peringatan Dipasang di Bangunan Tak Berizin di Lembah Anai, Diminta Bongkar Mandiri
Kepolisian akan menilang pengendara yang menerobos jalur Lembah Anai yang saat ini dalam masa perbaikan usai jalan tersebut terban diterjang
Polisi Akan Tilang Pengendara yang Nekat Menerobos Jalur Lembah Anai
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
Cek Fakta: Jalan Lembah Anai yang Putus Sudah Bisa Dilewati, Benarkah?
Cek Fakta: Jalan Lembah Anai yang Putus Sudah Bisa Dilewati, Benarkah?