BIM Kembali Layani Rute Internasional, Padang - Kuala Lumpur Mulai 1 Oktober

BIM Kembali Layani Rute Internasional, Padang - Kuala Lumpur Mulai 1 Oktober

Maskapai Air Asia kembali menerbangi rute Padang - Kuala Lumpur setelah berhenti akibat pandemi covid-19. [Foto: Dok Air Asia]

Langgam.id - Setelah berhenti terbang akibat pandemi Covid-19, Bandara Internasional Minangkabau kembali membuka jalur penerbangan Internasional dari Kuala Lumpur Malaysia ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, mulai 1 Oktober 2022 dengan maskapai Air Asia.

Siswanto, Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang BIM mengatakan pada Sabtu tanggal 24 September 2022 pihak Air Asia sudah menyampaikan jadwal resmi penerbangan BIM-KL per bulan Oktober 2022 dengan frekuensi penerbangan sebanyak 2 x per minggu.

"Dalam keterangannya jadwal penerbangan internasional Airasia dari Kuala Lumpur ke Padang (KUL-PDG) dan Padang-Kuala Lumpur (PDG-KUL) periode Summer 2022 pada 1-29 Oktober 2022," jelasnya, dalam keterangan resmi, Minggu (25/9/2022).

Maskapai Airasia menggunakan pesawat tipe Airbus A320 dengan nomor penerbangan AK-403 (KUL-PDG) dan AK-402 (PDG-KUL). Untuk penerbangan dari Kuala Lumpur, Airasia terbang pukul 07.40-07.50 LT, sedangkan dari BIM ke Kuala Lumpur pukul 08.30-09.40 LT . Untuk hari penerbangan yaitu hari Selasa dan Sabtu.

Siswanto menyampaikan bahwa dengan dibukanya kembali rute ini diharapkan kembali akan mendorong gairah ekonomi dan pariwisata Sumatra Barat.

"Seperti yang kita ketahui, sebelum Pandemi Covid-19 rute KL-BIM merupakan satu satunya pintu penerbangan Internasional ke BIM, di mana keterisiam seat pesawat udara rute tersebut mencapai 80 persen minimal di setiap penerbangan. Sebelumnya melayani hampir setiap hari dengan 2x penerbangan dalam satu hari," katanya.

Siswanto mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatra Barat dan seluruh pihak yang telah bersama sama ikut mendorong dibukanya kembali rute penerbangan internasional ini di BIM.

Menjelang disetujuinya kembali pembukaan penerbangan internasional oleh Kementerian Perhubungan. AP2 BIM bersama stake holder terkait telah melaksanakan simulasi untuk menyiapkan layanan yang maksimal bagi pengguna jasa bandara. Dalam simulasi tersebut seluruh unsur berkolaborasi untuk memastikan semua aspek telah siap dan memenuhi standar/ketentuan yang ditetapkan.

Baca Juga

BIM mencatat tren positif penerbangan pada Semester I tahun 2024 (Januari-Juni) dibanding dengan periode yang sama pada 2023 lalu.
BIM Catat Tren Positif pada Semester I 2024, Pergerakan Pesawat dan Penumpang Naik
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dan yang datang dari Bandara Internasional Minangkabau
BPS: Jumlah Penumpang Pesawat Berangkat dan Datang dari BIM Periode Maret Turun
BPS mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui pintu masuk Bandara Internasional Minangkabau (BIM)
Kemenhub Tetapkan 17 Bandara Internasional, Salah Satunya BIM
BPS mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui pintu masuk Bandara Internasional Minangkabau (BIM)
H+2 Lebaran, Kenaikan Penumpang pada Arus Balik 2024 di BIM Capai 75 Persen
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dan yang datang dari Bandara Internasional Minangkabau
Hingga H-2 Lebaran, BIM Sudah Layani 42.676 Penumpang yang Datang
Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman kembali dibuka setelah sempat ditutup akibat sebaran abu vulkanik dari Gunung.
BIM Kembali Dibuka, Aktivitas Penerbangan Normal Lagi