Bicara di Depan Wapres RI, Wali Kota Pariaman Minta Bantu Bangun Pelabuhan

Bicara di Depan Wapres RI, Wali Kota Pariaman Minta Bantu Bangun Pelabuhan

Wako Pariaman memberikan kata sambutan saat peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman. (foto: Youtube Wakil Presiden RI)

Langgam.id - Wali Kota Pariaman Genius Umar meminta bantuan pemerintah pusat untuk dapat membangun pelabuhan di kota tersebut. Pelabuhan ini diharapkan bisa menghubungkan langsung Kota Pariaman dengan Kabupaten Mentawai.

Hal ini disampaikan Genius Umar dihadapan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin saat memberi sambutan dalam acara peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman, Selasa (6/4/2021). Keinginan tersebut juga disampaikan kepada Wakil Menteri PUPR Wempi Wetimpo.

Genius Umar menjelaskan bahwa Kota Pariaman terus tumbuh menjadi tempat wisata terutama dalam 5 tahun belakangan. Tempat wisata yang menjadi andalan di daerah tersebut adalah wisata pantai.

Kemudian disebutkannya, bahwa di depan Kota Pariaman berhadapan langsung dengan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sudah seharusnya Kota Pariaman terhubung langsung dengan Mentawai lewat pelabuhan, namun hingga saat ini Kota Pariaman belum punya pelabuhan.

Baca juga: Pasar Pariaman yang Akan Diresmikan Wapres Dilengkapi Selter Bencana

"Pariaman ini dari dulunya kota pelabuhan tapi kami belum punya pelabuhan, kami pemerintah kota telah berencana membangunan pelabuhan. Kami meminta juga kepada bapak Wapres agar dapat membantu membangun pelabuhan di Pariaman," katanya.

Jika ada pelabuhan terang Genius Umar, maka nantinya rute ke Pariaman dan Mentawai bisa langsung, tanpa lewat Kota Padang. Sebab selama ini lewat Padang, padahal Mentawai berada di depan Pariaman. Adanya pelabuhan menurutnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami dulu juga satu daerah dengan kabupaten induk, kami sama sama di Kabupaten Padang Pariaman. Kalau itu terjadi maka akan terjadi pertumbuhan ekonomi baru, dan tidak hanya di ibukota provinsi saja di Padang," katanya.

Baca juga: Gubernur Ungkap Keunggulan Pasar Pariaman yang Bakal Diresmikan Ma’ruf Amin

Selain meminta bantuan pembangunan pelabuhan ke pemerintah pusat, dirinya juga meminta agar pemerintah pusat membantu membangun masjid terapung di Pariaman. Masjid ini terhenti pembangunannya akibat pandemi covid-19.

Kota Pariaman menurutnya adalah pintu gerbang masuknya Islam di Sumbar. Sebelummya juga sudah dilaksanakan pembangunan pada tahun anggaran 2019  dan 2020. Namun karena pandemi, pembangunannya terhenti.

"Karena itu kami mengadu kepada pak Wapres, mudah-mudahan lewat Kementerian PUPR bisa juga tambahkan anggaran  untuk membangun masjid terapung ini. Selamat datang di Kota Pariaman pak Wapres, mudah-mudahan kedatangan bapak bisa memberikan percepatan pembangunan di Kota Pariaman," harapnya. (Rahmadi/yki)

Baca Juga

Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
DPRD Kota Pariaman Lantik 2 Anggota PAW Sisa Masa Jabatan 2019-2024
DPRD Kota Pariaman Lantik 2 Anggota PAW Sisa Masa Jabatan 2019-2024
Pj Wako Pariaman Lepas Persikopa Berlaga di Piala Soeratin U-17
Pj Wako Pariaman Lepas Persikopa Berlaga di Piala Soeratin U-17