Besok Fakultas Kedokteran Unand Siap Uji Sampel Covid-19

Hasil Tes Swab Suami Ibu Hamil yang Meninggal karena Corona di Bukittinggi Negatif

Ilustrasi (Foto: ShutterStock)

Langgam.id - Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang siap menguji sampel Virus Corona (Covid-19). Pengujian itu akan dimulai, Selasa (24/3/2020).

Dekan Fakultas Kedokteran Unand, Rika Susanti mengatakan, segala kebutuhan untuk uji sampel Covid-19 semuanya sudah dipersiapkan, baik sarana ataupun prasarana.

"Reagen juga sudah datang dari Korea Selatan, namun saat ini, hanya bisa untuk 100 sampel. Jika datang satu unit mesin lagi, namanya Polymerase Chain Reaction (PCR), itu baru bisa 200 sampel. Saat ini kami hanya punya satu mesin," ujarnya kepada Langgam.id, Senin (23/3/2020).

Rika mengatakan, pihaknya masih menunggu sejumlah Alat Pelindung Diri (APD), yang sedang  diusahakan pemerintah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar.

Tanpa APD, kata dia, laboratorium belum bisa bekerja. APD sangat penting untuk safety, demi keselamatan petugas.

"InsyaAllah akan datang besok," ujarnya.

Sedangkan untuk tenaga medis, menurutnya, sudah disiapkan 15 orang. Juga ada empat tenaga ahli soal virus.

"Kami butuh enam tenaga satu hari untuk uji sampel. Kalau kasusnya melonjak, mungkin kita baru butuh tambahan personel," ujarnya.

Direktur Sumberdaya Manusia Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr M Djamil Padang, Dovy Djanas menyebutkan, terkait kebutuhan laboratorium untuk uji sampel Covid-19, sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar.

Katanya, Gubernur Sumbar juga telah menginstruksikan Dinkes Sumbar untuk segera melengkapi semua kebutuhan laboratorium tersebut.

"Hal ini luar biasa, bisa menguji 200 sampel, Dinkes Sumbar juga akan segera melengkapi kekurangan tersebut," ujarnya.

Diketahui, untuk memenuhi kebutuhan APD, Pemprov Sumbar telah menyurati pemerintah pusat untuk meminta sebanyak 40 ribu APD.

Adanya laboratorium itu, maka semua ODP dapat diperiksa. Jika positif maka bisa langsung diisolasi dan ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Bagi yang negatif, dapat dihilangkan statusnya sebagai ODP. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

Rektor Universitas Andalas (UNAND) Efa Yonnedi memastikan bahwa tidak ada kenaikan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tahun ajaran baru
Rektor UNAND Pastikan Tidak Ada Kenaikan UKT
Universitas Andalas (Unand) akan menerima mahasiswa baru untuk Program Doktor Ilmu Akuntansi (PDIA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Unand Buka Program Doktor Ilmu Akuntasi, Tahun Ini Terima Mahasiswa Baru
Mengembangkan UMKM Sagun Bakar: Inovasi Pengolahan Ubi Jalar oleh Fateta Unand dan KWT Lurah Saiyo
Mengembangkan UMKM Sagun Bakar: Inovasi Pengolahan Ubi Jalar oleh Fateta Unand dan KWT Lurah Saiyo
Langgam.id - Lembaga SURI menggelar pameran Pemanfaatan Iluminasi Naskah Kuno Menjadi Motif Kain Minangkabau di Unand.
53 Proposal PKM UNAND Lolos Pendanaan Kemendikbudristek
RS Unand Bertekad Menjadi Destinasi Wisata Medis di Asia Tenggara
RS Unand Bertekad Menjadi Destinasi Wisata Medis di Asia Tenggara
Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand) saat ini sudah dilengkapi dengan peralatan yang canggih. Selain itu, rumah sakit ini juga didukung
Cegah Pasien Berobat Keluar Negeri, Ini Upaya yang Dilakukan RS Unand