Bersiap, Sejumlah Polres Mulai Latihan Pengendalian Massa

Bersiap, Sejumlah Polres Mulai Latihan Pengendalian Massa

Latihan pengendalian massa di Polres Pasaman Barat. (Foto: tribratanews.sumbar.polri.go.id)

Langgam.id - Sejumlah Kepolisian Resor (Polres) di Sumatra Barat (Sumbar) mulai menggelar latihan pengendalian massa. Demikian dilansir tribratanews di situs resmi Polri.

Di Pasaman Barat, latihan digelar di lapangan Polres setempat pada Rabu (13/3/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kemampuan personil, khususnya dalam menghadapi pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Iman Pribadi Santoso bersama Kabag Ops Kompol Muddasir dan Kasat Sabhara Iptu Yudi Partanto, dalam pernyataan bersama menyebutkan, latihan yang diberikan berupa materi Dalmas Inti dan lanjut saat menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan ketika Pemilu 2019.

“Kegiatan latihan melibatkan anggota Satuan fungsi dan Polsek jajaran. Latihan tersebut di bawah kendali Kabag Ops Kompol Muddasir dan Kasat Sabhara Iptu Yudi Partanto,” ujarnya.

Tujuan kegiatan Dalmas ini sebagai kesiapan Polri, khususnya Polres Pasaman Barat menghadapi pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

Menurutnya, kegiatan disimulasikan supaya pelaksanaan tugas anggotanya di lapangan sesuai prosedur SOP yang ada. "Untuk menjaga Pileg dan pilpres aman, damai, sejuk dan badunsanak di Kabupaten Pasaman Barat," katanya.

Seperti Pasaman Barat, Polres Tanah Datar juga menggelar latihan pengendalian massa di halaman Kantor Polres pada Rabu.

Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas menekankan jajarannya untuk menjaga kesiapan. "Walaupun situasi di Tanah Datar terbilang aman, namun itu tidak membuat kepolisian mengurangi pengawasan," katanya.

Latihan yang juga berjalan pada Rabu, dilaksanakan di bawah kendali Kabag Ops Kompol Yon Hendri. "Kegiatan ini merupakan persiapan dalam melaksanakan Sistem Pengamanan Kota yang rencananya dilaksanakan Rabu depan."

Polres Tanah Datar akan memperagakan bagaimana tindakan kepolisian di lapangan jika ada situasi meningkat ke eskalasi merah. “Nantinya peragaan akan dibuka untuk umum, inilah bentuk kesiapan Polri dalam menghadapi Pemilu," kata Kapolres Bayuaji. (*/HM)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

5 Kapolres Sertijab di Polda Sumbar, Bukittinggi dan Payakumbuh Dipimpin Polwan
5 Kapolres Sertijab di Polda Sumbar, Bukittinggi dan Payakumbuh Dipimpin Polwan
Langgam.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan Surat Telegram Nomor: ST/2776/XII/KEP/2022 mengganti Kapolres di Sumbar.
Sejumlah Kapolres di Sumbar Berganti, Ini Daftar Lengkapnya
Polres Pasaman Barat Musnahkan 96,07 Gram Narkotika Jenis Sabu
Polres Pasaman Barat Musnahkan 96,07 Gram Narkotika Jenis Sabu
pembunuh gadis
Diduga Transaksi Narkoba, Seorang Pemuda di Pasbar Ditangkap Polisi Dini Hari
Setubuhi Anak Bawah Umur, Pria di Sawahlunto Ditangkap Polisi
Pria 39 Tahun Ditangkap Tim Tarantula Satresnarkoba Polres Tanah Datar
Polres Tanah Datar Tangkap 4 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di 3 Lokasi
Polres Tanah Datar Tangkap 4 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di 3 Lokasi