Begini Kota Pariaman 4 Tahun di Tangan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin

Langgam.id - Wali Kota Pariaman, Genius Umar meminta setiap acuan ke-olahragaan di daerah yang ia pimpin mampu berkonsep Sport Tourism.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar. [Foto: Dok. Pemko Pariaman]

Langgam.id - Masa kepemimpinan Genius Umar-Mardison Mahyudin sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman genap empat tahun sudah, Senin (17/10/2022).

Wali Kota Pariman, Genius Umar mengeklaim, bahwa satu per satu janji kampanye mereka yang dituang dalam visi dan misi serta program ungulan sudha direalisasikan.

"Bahkan, sudah ada yang lebih 100 persen. Ini tentunya tidak lepas dari dukungan semua pihak (bakap dan ibuk ASN) di Kota Pariaman. Kita ucapkan terima kasih," ujar Genius saat memimpin Apel Gabungan seluruh ASN, Senin (17/10/2022).

Dikatakan Genius, kurun waktu empat tahun kepemimpinannya, Pemerintah Kota Pariaman telah mengupayakan penekanan angka kemiskinan dengan berbagai program yang mewadahi para warga untuk belajar gratis sampai perguruan tinggi, sehingga memutus rantai kemiskinan dan akan mampu meningkatkan perekonomian.

"Tidak hanya membantu dengan pemberian uang tunai, Pemko Pariaman juga memberikan sejumlah program yang dapat menjadikan warga kurang mampu menjadi masyarakat yang mandiri," ungkapnya.

Program unggulan yang telah dilakukan, sebut Genius, antara lain, program kesehatan gratis, program pendidikan gratis sampai perguruan tinggi dengan bekerja sama dengan 12 perguruan tinggi, program kesejahteraan guru honor PAUD/TK/SD/SMP sebanyak 614 dengan besaran PAUD dan TK Rp500 ribu, SD/SMP Rp750 ribu.

Lalu, disebutkan Genius, Pemko Pariaman juga telah memiliki 11 bus sekolah gratis yang melayani antar jemput siswa se-Kota Pariaman.

"Tidak hanya untuk angtar jemput sekolah, Pemko Pariaman juga akan menyediakan satu bus yang diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata, mulai dari Pantai Sunur Kecamatan Pariaman Selatan sampai Pantai Manggung Kecamatan Pariaman Utara," jelasnya.

Kemudian, Genius mengaku, juga telah banyak meraih prestasi dan penghargaan, bahkan tahun ini, Kota Pariaman menjadi percontohan Nasional se-Indonesia sebagai Piloting Project Implementasi Reformasi Birokrasi Tematik Penanggulangan Kemiskinan bersama dengan Kabupaten Banyuwangi.

"Program unggulan yang kita tetapkan dalam RPJMD 2018–2023 tinggal satu tahun lagi, sehingga program yang belum tuntas akan kita tuntaskan di tahun 2023," tegasnya.

Sementara itu, pengembangan Water Front City, sebut Genius, telah mencapai 100 persen. Namun, tetap selalu dilakukan pemantauan untuk lebih baik lagi. Selanjutnya, program magrib mangaji MDTA, MDTW dan MDTU sudah telaksana di setiap desa dan kelurahan.

Baca juga: Cerita Genius Umar, Wali Kota Pariaman yang Giat Bangun Jalan

"Terakhir kita sudah lakukan juga revitalisasi PKK yang telah mencapai 100 persen, namun tetap perlu dilakukan pemantauan terhadap 10 program pokok PKK sampai ke tingkat desa dan kelurahan. Pembanguan Masjid Terapung yang masih terbengkalai akan kita tuntaskan menjelang 2023," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Wako Pariaman Dukung Sanggar Darak Badarak di IGT
Wako Pariaman Dukung Sanggar Darak Badarak di IGT
Menteri Halim Launching Lomba Desa di Pariaman
Menteri Halim Launching Lomba Desa di Pariaman
Bahas Pariwisata Berkelanjutan, Wako Pariaman Terima Kunjungan LKKPN Pekanbaru
Bahas Pariwisata Berkelanjutan, Wako Pariaman Terima Kunjungan LKKPN Pekanbaru