Banjir Bandang Terjang Agam, 2 Rumah Hanyut

Banjir Bandang Terjang Agam, 2 Rumah Hanyut

Petugas BPBD Agam di lokasi kejadian banjir bandang. (Foto: BPBD Agam)

Langgam.id - Banjir bandang menerjang pemukiman warga di Jorong Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (20/11/2019).

Banjir bandang diduga dipicu tingginya curah hujan. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Sembilan unit rumah dan satu masjid dilaporkan terdampak bencana. Bahkan, dua unit rumah di antaranya dilaporkan hanyut diterjang banjir bandang yang berasal dari aliran Sungai Cikalo itu.

Hingga pukul 21.44 WIB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam masih berupaya melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak.

Sementara, warga yang terdampak akan diungsikan ke posko darurat yang akan didirikan. Sedangkan, untuk pembersihan material banjir bandang yang terdiri dari lumpur bercampur berbatuan itu belum bisa dilakukan.

"Lagi dalam penanganan tim di lapangan. Upaya kami mengungsikan masyarakat yang terdampak. Tapi untuk pembersihan material saat ini belum bisa dilakukan, karena cuaca masih hujan lebat," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Syafrizal dihubungi langgam.id, Rabu (20/11/2019) malam.

Syafrizal mengungkapkan, alat berat yang akan digunakan dalam pembersihan material baru bisa sampai di lokasi kejadian besok pagi. Selain itu, penundaan pembersihan material juga untuk keamanan personel di lapangan.

"Karena kondisi masih hujan, untuk keamanan personel, takutnya terjadi longsor. Jadi fokus malam ini mengevakuasi masyarakat yang terdampak. Curah hujan sampai sekarang belum reda, tapi dalam peristiwa ini untuk korban jiwa tidak ada. Hanya cuman rumah warga yang terdampak," tuturnya. (Irwanda/RC)

Baca Juga

Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Pascabanjir bandang dan lahar dingin yang melanda Kecamatan Canduang dan Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, semua unsur saat ini melakukan
BPBD Agam Kerahkan 3 Alat Berat Bersihkan Material Banjir Bandang
Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai
Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi
Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah,
Antisipasi Banjir Lahar Dingin, Polres Bukittinggi Koordinasi dengan BPBD Agam
Banjir lumpur melanda daerah Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, pada Jumat (5/4/2024). Sejumlah pemukiman penduduk dan
Banjir Lahar Dingin Terjang Bukit Batabuah dan Sungai Pua, Agam
Minta Pengusaha Bayarkan THR, Disnakerin Padang Buka Posko Pengaduan
Pemkab Agam Masih Kaji THR untuk THL