Banjir Bandang Hantam Situjuah Gadang

Banjir Bandang Hantam Situjuah Gadang

Banjir bandang (Galodo) landa Situjuah Gadang, Kabupaten Limapuluh Kota. (IST)

Langgam.id- Banjir bandang (galodo) menghantam Situjuah Gadang, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat, Selasa (16/4) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Sumber (galodo) dari Gunung Sago," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumatra Barat Rumainur.

Berdasarkan informasi warga, kata Rumainur, warga sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman, untuk menghindari potensi galodo susulan.

Warga setempat, Eka Kurniawan Sago Indra mengatakan, banjir bandang terjadi di anak sungai Batang Agam dengan hulu dari Gunung Sago.

"Anak sungai Batang Agam, ada tiga aliran dengan penyebutan masyarakat, Batang Tukali, Pincuran Randah, Pincuran Tujuh," katanya.

Kata dia, banjir bandang tidak membawa gelondongan kayu, tapi batu-batuan. Kuat dugaan, hujan lebat yang melanda kawasan itu, menjadi penyebab erosi di bagian hulu.

Data sementara, 1 unit rumah mengalami rusak. Puluhan hekatar sawah dan ladang juga dilhantam banjir bandang. Begitu juga dengan jalan dan jembatan sepanang 5 meter.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ujarnya (OSH)

Baca Juga

Presiden Joko Widodo (Jokowi)) memerintahkan Kementerian PUPR untuk menambah jumlah sabo dam di Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu dilakukan untuk mencegah bencana banjir bandang
Butuh 56 Sabo Dam Atasi Banjir Lahar Dingin di Sumbar, Jokowi: Sekarang Baru Ada Dua
Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Modifikasi Cuaca di Sumbar Diperpanjang
Modifikasi Cuaca di Sumbar Diperpanjang
Sebanyak 23 jembatan di enam kecamatan di Tanah Datar, putus akibat bencana alam banjir bandang yang terjadi pada Sabtu (11/5/2024).
23 Jembatan di Tanah Datar Putus Diterjang Banjir Bandang
TNI akan menyediakan jembatan bailey di tujuh titik di Kabupaten Tanah Datar. Dengan adanya jembatan ini nantinya, diharapkan bisa
Pulihkan Akses yang Terputus, 7 Jembatan Bailey Akan Dibangun di Tanah Datar
Sebanyak 13 orang masih dinyatakan hilang memasuki hari ketujuh pasca bencana alam banjir bandang di Tanah Datar. Pemkab Tanah Datar
13 Orang Masih Hilang Akibat Banjir Bandang di Tanah Datar, 350 Personel Dikerahkan Cari Korban