Bacalon Independen di Pasaman Barat Serahkan 27.188 Berkas Dukungan Tambahan ke KPU

Bacalon Independen di Pasaman Barat Serahkan 27.188 Berkas Dukungan Tambahan ke KPU

Pasangan Bacalon Independen di Pasaman Barat, Agus Susanto-Romi Candra serahkan dokumen dukungan tambahan ke KPU (Foto: Iyan/Langgam.id)

Langgam.id - Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Barat yang maju melalui jalur independen atau perseorangan, Agus Susanto-Romi Candra serahkan sebanyak 27.188 berkas dukungan tambahan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman Barat, Senin (27/7/2020).

Penyerahan 27.188 berkas dukungan tambahan itu merupakan tindak lanjut dari rapat pleno terbuka pasca rekapitulasi verifikasi faktual yang menetapkan pasangan Agus Susanto-Romi Candra Memenuhi Syarat (MS).

Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis menyebutkan, 27.188 dokumen itu merupakan tambahan atau perbaikan, karena pasangan Agus Susanto-Romi Candra masih kekurangan 7.426 dukungan lagi. Tapi, mereka sudah dinyatakan MS.

"Dukungan untuk pasangan Agus Susanto-Romi Candra yang telah doberifikasi dan ditetapkan MS itu sebanyak 13.886 orang. Hari ini, kita terima 27.118 berkas atau dokumen tambahan dukungan perseorangan dan akan dilanjutkan pemeriksaan B 1 KWK dan B 1.1 KWK," ujarnya di Pasaman Barat, Senin (27/7/2020).

Setelah menerima dokumen tambahan atau perbaikan dan pemeriksaan awal, kata Alharis, maka KPU akan melanjutkan ke tahap verifikasi administrasi, yaitu pada tanggal 27 Juli hingga 4 Agustus 2020.

Baca Juga: 24.430 Berkas Dukungan Bacalon Independen di Pasbar Selesai Verifikasi Administrasi

Kemudian, verifikasi faktual dilaksanakan 8-16 Agustus 2020. Ia berharap semua tahapan bisa berjalan lancar dan aman sesuai aturan yang berlaku.

"Kita akan mulai verifikasi administrasi setelah pemeriksaan awal, dukungan tersebut jumlahnya dua kali lipat dari kekurangan," paparnya.

Sementara itu, Bacalon Perseorangan Agus Susanto-Romi Candra mengaku dokumen dukungan tambahan sebanyak 27.188 sudah tersebar di 11 kecamatan dan 19 nagari yang ada di Kabupaten Pasaman Barat.

Tambahan dukungan itu, katanya, berhasil dikumpulkan dalam waktu yang cukup singkat dan ia menilai angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2020 cukup tinggi.

Baca Juga: Hanya 13 Paslon Independen yang Serahkan Syarat Dukungan ke KPU se-Sumbar

"Kami optimis dukungan yang tersedia bisa memenuhi syarat, karena dukungan dan partisipasi masyarakat sangat tinggi," ujarnya.

Menurutnya, partisipasi masyarakat sangat tinggi dalam memberikan dukungan untuk bacalon independen, bahkan beberapa diantaranya mengantarkan langsung ke posko-posko yang telah disediakan.

Ia berharap, saat verifikasi nanti, KPU bisa bekerja maksimal dan profesional dan ia juga ucapkan terima kasih kepada tim dan pemberi dukungan.

"Kita optimis dukungan bisa memenuhi syarat dan ucapan terimakasih kepada masyarakat," katanya. (Iyan/ZE)

 

Baca Juga

Pemkab Pasbar Kenalkan Kios Partisipasi Upaya Kendalikan Inflasi
Pemkab Pasbar Kenalkan Kios Partisipasi Upaya Kendalikan Inflasi
Nagari Mahakarya Pasbar Gelar Festival Balon Udara
Nagari Mahakarya Pasbar Gelar Festival Balon Udara
Sering Dilanda Banjir, Pemkab Pasbar Pindahkan Lokasi SDN 08 Sasak Ranah Pasisie
Sering Dilanda Banjir, Pemkab Pasbar Pindahkan Lokasi SDN 08 Sasak Ranah Pasisie
Audit Kasus Stunting, Wabup Pasbar Ingatkan Peran Camat dan Wali Nagari
Audit Kasus Stunting, Wabup Pasbar Ingatkan Peran Camat dan Wali Nagari
Tim Balai KSDA Sumbar mendatangi Bendungan PLTMH Tango di Pasaman Barat. Kedatangan ini karena adanya informasi dari masyarakat Kajai Selatan
Seekor Tapir Terjebak di Bendungan di Pasbar, BKSDA Sumbar Lakukan Verifikasi di Lokasi
Sebanyak 202 siswa mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Pasaman Barat tahun 2024 di Balerong Pusako Anak Nagari Simpang Empat, Jumat
202 Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Pasaman Barat