Awal Ramadan, Harga Sembako di Solok Selatan Stabil

Dokumen aktivitas jual beli di pasar semi modern Padang Aro, Solok Selatan. (Istimewa)

Dokumen aktivitas jual beli di pasar semi modern Padang Aro, Solok Selatan. (Istimewa)

Langgam.id - Akses jalan utama dari Padang menuju Solok Selatan masih belum bisa dilewati. Sebab, perbaikan pengerjaan material longsor di Air Dingin, Kabupaten Solok, masih berlangsung hingga saat ini.

Beruntung, putusnya akses transportasi tersebut belum memicu gejolak kenaikan harga kebutuhan pokok di daerah tersebut. Sepekan sejak bencana longsor, sembako di Solsel masih terjangkau dan stabil.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Solsel, May Rizki memastikan tidak ada lonjakan harga sembako yang signifikan walau jalur Padang-Solsel lumpuh. Beberapa komoditi yang terbilang mahal saat ini, justru naiknya sebelum bencana terjadi.

"Seperti gula pasir, bawang merah, bawang putih, ini belum putus jalan juga sudah mahal. Setelah terjadi longsor harga semua bahan dapur itu terpantau stabil sejauh ini," katanya, Sabtu (25/4/2020).

Hasil survei petugas di lapangan, kata Rizki, harga gula pasir masih bertahan di angka Rp 20 ribu per kilogram atau belum turun sejak naik awal Maret lalu. Demikian juga dengan bawang putih bertahan di harga Rp 40 ribu per kilogram dan bawang merah berkisar Rp 35-36 ribu per kilogram.

Beberapa belanjaan kebutuhan justru mengalami penurunan harga, seperti cabai merah dan ayam broiler konsumsi. Pekan ini katanya, cabai merah anjlok di harga Rp 15-16 ribu per kilogram. Sedang ayam turun Rp 5 ribu dari harga pekan lalu Rp 55 ribu.

"Harga ini rata-rata sama dengan daerah lain di Sumbar. Cuma mungkin ada penambahan harga karena kepastian pasokan kini dipegang oleh wilayah tertentu. Bisa jadi juga karena ongkos kirim yang bertambah," katanya. (*/ICA)

Baca Juga

Festival durian solsel
Anak Bupati Solok Selatan Bakal Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara yang Ditanami Sawit
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Langgam.id - Harimau Sumatera yang ditangkap BKSDA Sumbar di Maua Hilia, Palembayan, Kabupaten Agam dinamai Puti Maua.
Warga Lubuk Gadang Tenggara di Solok Selatan Lihat Harimau Masuk Kampung
Ustaz Abdul Somad (UAS) direncanakan akan menghadiri tabligh akbar di Ruang Terbuka Hijau Solok Selatan (Solsel) di Padang Aro.
Ustaz Abdul Somad Dijadwalkan Hadiri Tabligh Akbar di Solsel, Catat Jadwalnya