Antisipasi Salah Kebijakan, Unand Gelar Workshop Manajemen Risiko

Langgam.id - Seiring dengan perubahan status Universitas Andalas (UNAND) menjadi PTN-BH sejak Agustus tahun lalu, maka terjadi perubahan struktur organ pengelola kampus yang memiliki potensi risiko dalam setiap kebijakan yang diambil.

Berangkat dari ini, maka UNAND melaksanakan workshop pengelolaan risiko dengan tajuk “Implementasi Manajemen Risiko Bagi Risk Owner dan Risk Officer di Lingkungan Universitas Andalas”, di Ballroom Hotel Mercure Padang, Rabu-Kamis (2-3/11/2022).

Kegiatan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penyamaan persepsi stakeholder internal terkait implementasi risiko di lingkungan Universitas Andalas, serta meningkatkan pengetahuan terkait teknis implementasi tersebut.

“Melalui perubahan status menjadi PTN-BH, sekarang kita punya kelembagaan yang khusus untuk mengelola manajemen risiko, karena potensi risiko bukan hanya ketika kita membuat aturan, namun juga ketika menjalani dan setelah menjalankan aturan tersebut,” ujar Rektor, Prof. Dr. Yuliandri, S.H, M.H, yang turut membuka secara langsung kegiatan tersebut.

Rektor meneruskan, potensi risiko tersebut memaksa kita untuk semakin berhati-hati dalam mengelola organisasi di unit masing-masing. “Salah satu prinsip baik dalam menerapkan prinsip kehati-hatian itu adalah implementasi manajemen risiko di setiap lini manajemen.”

Melalui workshop dan unit khusus yang dibentuk, rektor menyebut dapat terlihat UNAND telah menganggap manajemen risiko sebagai hal yang penting dalam penyelenggaraan perguruan tinggi.

Kegiatan ini dihadiri oleh risk owner dan risk officer se-lingkungan Universitas Andalas, yang meliputi pimpinan Universitas mulai dari Rektor, Senat Akademik Universitas, Wakil Rektor, Direktur, Dekan, hingga Ketua Lembaga yang disebut sebagai risk owner, dan Kepala Unit, Kantor, Sekolah Pascasarjana, Seksi terkait, hingga tenaga kependidikan yang akan menjadi operator manajemen risiko selaku risk officer se-lingkungan UNAND.

Materi manajemen risiko disampaikan oleh narasumber yaitu Dr. Siti Maghfiroh, SE., M.Si., AK., CA., ACPA., CTA., QIA., CRA., CRP., CRMP., CPOF., CHRP., Selain itu, akan dilaksanakan juga simulasi pengisian Risk Register Manajemen Risiko dan presentasi dari masing-masing unit.

--

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Petani Jangan Bunuh Parasitoid, Parasitoid Itu Musuh Alami Hama
Petani Jangan Bunuh Parasitoid, Parasitoid Itu Musuh Alami Hama
Universitas Andalas (UNAND) menerima sebanyak 7.505 mahasiswa baru untuk Program Diploma (DIII) dan juga Sarjana (S1) pada tahun ini.
11 Prodi di UNAND dengan Daya Tampung Terbanyak di SNBP 2024
Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) masuk 10 kampus terbaik di Sumatra versi Webometrics 2024.
Berikut 10 Kampus Terbaik di Sumatra Versi Webometrics 2024, Dua Ada di Sumbar
Menjelajahi Keanekaragaman Serangga pada Lahan Gandum di Dataran Tinggi Sumbar
Menjelajahi Keanekaragaman Serangga pada Lahan Gandum di Dataran Tinggi Sumbar
Khairul Fahmi Unand
Khairul Fahmi Dilantik Jadi Wakil Rektor Termuda di Unand, Pengurus Perti Sumbar hingga Panelis Debat Capres
Efa Yonnedi Terpilih Jadi Rektor Unand Periode 2023-2028
Efa Yonnedi Terpilih Jadi Rektor Unand Periode 2023-2028