Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pemko Pariaman Remajakan Pohon Pelindung

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pemko Pariaman Remajakan Pohon Pelindung

Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin saat peninjauan pembersihan pohon. (Humas Pemko Pariaman)

Langgam.id- Pemerintah Kota Pariaman meremajakan sejumlah pohon pelindung yang sudah tua, untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem di Kota Pariaman.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, saat meninjau langsung proses penebangan pohon pelindung yang sudah tua, di Desa Kampung Baru Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman Kamis (06/2).

Ia mengatakan, peremajaan dilakukan dengan cara menebang sebagian pohon tersebut, agar tidak mengancam masyarakat yang melewati area pohon di saat cuaca ekstrim. Sebab, bisa saja beberapa ranting atau dahan tersebut patah dan akan menimpa masyarakat.

“Kita sudah insruksikan OPD terkait untuk melakukan peremajaan terhadap seluruh pohon pelindung yang sudah tua, baik bersifat membahayakan ataupun tidak. Karena yang namanya sudah tua kita tidak tahu kapan akan patah atau kalau ada badai, akan roboh. Sebelum semua terjadi dan membahayakan warga, kita lakukan secepat mungkin seperti pohon pelindung di Desa Kampung Baru ini," ujarnya.

Ia mengatakan, pohon pelindung bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun semua pihak. Ada kalanya kerana posisi pohon jauh sehingga luput dari pantauan OPD.

Maka, kata dia, pasrtisipasi masyaraat sangat diharapkan untuk bisa melaporkannya kepada Dinas Perkim dan LH Kota Pariaman.

“Kami sangat berterima kasih apabila masyarakat juga andil dalam menjaga pohon pelindung. Kami juga meminta partisipasi masyarakat apabila pohon pelindung di sekitarnya sudah berusia tua dan patut dilakukan peremajaan, langsung saja laporkan ke OPD terkait yaitu Dinas Perkim LH yang beralamat di samping pertamina Kampung Pondok," ujarnya. (Inforial)

Baca Juga

Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah