Anggota DPR dan DPD RI 2019-2024 Resmi Dilantik, Ini Wakil Sumbar di Senayan

Anggota DPR dan DPD RI 2019-2024 Resmi Dilantik, Ini Wakil Sumbar di Senayan

Pelantikan anggota DPR dan DPD RI periode 2019-2024 (ist)

Langgam.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia periode 2019-2024 resmi menjabat sejak tanggal 1 Oktober 2019.

Selain petinggi partai, tokoh-tokoh nasional, pelantikan yang berlangsung di gedung DPR/MPR RI ini dihadiri Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla hingga Wapres terpilih Ma'aruf Amiin.

Berikut 14 nama anggota DPR RI yang akan mewakili aspirasi masyarakat Sumbar di Senayan:

Sumbar I

  1. Andre Rosiade (Gerindra)

Ia adalah anggota DPR RI baru dari Sumbar. Politisi muda ini berhasil meraih suara terbanyak dengan jumlah hampir 140 ribu. Nama mulai “harum” ketika menjadi juru bicara Prabowo-Sandi. Sikap kritisnya di setiap tayangan televisi berita menjadi poin penting dalam kemenangannya merebut hati warga Sumbar yang mayoritas memang pendukung Prabowo.

  1. Suir Syam (Gerindra)

Ia adalah mantan Wali Kota Padang Panjang dua periode. Suir Syam kembali mempertahankan kursinya sebagai anggota DPR RI petahan dari Sumbar

  1. Darul Siska (Golkar)

Politisi senior partai berlambang beringin berhasil duduk di DPR RI dari daerah pemilihan Sumbar. Sebelumnya, pia pernah gagal ke Senayan dari Sumbar. Meski begitu, ia pernah menjadi anggota DPR RI periode 1997-2009.

  1. Lisda Hendrajoni (Nasdem)

Istri Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni ini adalah pendatang baru di panggung politik Sumbar. Namun, capaian suaranya cukup fantastis. Bahkan, ia mampu menyingkirkan petahana Endre Syeifoel (anggota DPR RI periode 2014-2019). Ia juga mengalahkan pesaing separtai sekelas politisi senior Fauzi Bahar (mantan Wali Kota Padang 2 periode) dan mantan Bupati Solok (Syamsu Rahim).

  1. Hermanto (PKS)

Petahana PKS ini tidak begitu populer. Namun, basis suaranya kembali mengantarkannya ke kursi DPR RI. Hermanto pertama menjabat anggota DPR RI tahun 2010 ketika menggantikan posisi Irwan Prayitno yang terpilih menjadi Gubernur Sumbar periode pertama.

  1. Athari Gauti Ardi (PAN)

Namanya nyaris tidak terdengar. Namun, kiprah ayahnya menggaungkan nama Athari secepat kilat. Ia adalah putri Epyardi Asda, anggota DPR RI 3 periode sejak tahun 2004 dari Partai PPP. Tak sampai setahun bersosialisasi, Athari bahkan mampu mengungguli perolehan suara petahana Asli Chaidir dan menyingkirkan politisi senior Shadiq Pasadique (mantan Bupati Tanah Datar 2 periode).

  1. M. Asli Chaidir (PAN)

Politisi senior PAN ini kembali melenggang ke senayan. Ini adalah kali kedua ayah Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa itu duduk di DPR RI. Sebelumnya, ia dikenal sebagai politisi PAN di DPRD Sumbar dengan basis suara terbanyak di Kota Padang.

  1. Darizal Basir (Demokrat)

Politisi lawas ini kembali duduk untuk ketiga kalinya di kursi DPR RI. Nama mantan Bupati Pesisir Selatan ini memang tidak terlalu terdengar di publik Sumbar. Namun, sepak terjang dan karir politiknya sudah lama menggurita.

Sumbar II

  1. Ade Rezki Pratama (Gerindra)

Politisi muda ini kembali duduk di Senayan. Ini adalah kali kedua Ade Rezki menjadi anggota DPR RI. Sebelumnya, ia adalah anggota DPR termuda di Indonesia.

  1. John Kenedy Azis (Golkar)

Politisi ini mulai dikenal sejak menumbangkan politisi Golkar senior Nudirman Munir pada Pemilu 2014 silam. Ia kembali melenggang ke Senayan untuk kedua kalinya sebagai anggota DPR petahana.

  1. Nevi Zuariana (PKS)

Nama Nevi selama ini kerap dikenal sebagai Nevi Irwan Prayitno. Publik juga tercengang saat ia mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI. Sebab, selama ini, Nevi nyaris tidak pernah aktif di parpol, kecuali hanya menjadi Ketua TP-PKK Sumbar sejak tahun 2010 karena suaminya Irwan Prayitno menjabat Gubernur. Ia bahkan berhasil menyingkirkan Refrizal, petahana 3 periode di DPR RI.

  1. Muhammad Iqbal (PPP)

Politisi ini bukanlan pendatang baru. Ia pernah duduk sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014 dan gagal di Pemilu 2014. Namun, perolehan suaranya di Pemilu 2019 kembali mengantarkannya duduk di Senayan.

  1. Guspardi Gaus (PAN)

Politisi yang lama di PPP ini baru perdana berkantor di Senayan. Selama ini, ia dikenal sebagai anggota DPRD Sumbar dan terakhir menjabat Wakil Ketua DPRD Sumbar dari PAN.

  1. Mulyadi (Demokrat)

Petahana ini kembali melenggang ke Senayan dengan perolehan suara terbanyak di Dapil 2 Sumbar. Anggota DPR RI tiga periode ini juga tengah digadang-gadang menjadi bakal calon Gubernur Sumbar.

Berikut 4 Anggota DPD RI asal Sumbar:

  1. Hj. Emma Yohanna

Politisi senior ini sudah kali ke empat duduk di DPD RI. Sebagai petahan, Emma mampu meraup lebih dari setengah juta suara.

  1. Leonardi Harmainy

Petahana ini kembali melenggang ke Senayan. Ia pertama kali duduk di DPD RI menggantikan kursi Irman Gusman yang tersandung kasus suap. Sebelum ke Senayan, Leo adalah Ketua DPRD periode 2004-2009.

  1. Muslim M Yatim

Ia adalah pendatang baru di DPD. Sebelumnya, politisi PKS ini adalah anggota DPRD Sumbar. Ia termasuk tokoh di tubuh PKS Sumbar.

  1. Alirman Sori

Politisi ini bukanlah pendatang baru. Ia pernah menjabat anggota DPD RI periode 2009-2014. Namun, gagal ke Senayan di Pemilu 2014. Sepak terjangnya di dunia politik cukup dikenal. Apalagi, ia pernah menjabat Ketua DPRD Pesisir Selatan 2 periode. (HM/RC)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Lisda Hendrajoni: Perlu Keterlibatan Perempuan dalam Dunia Politik
Lisda Hendrajoni: Perlu Keterlibatan Perempuan dalam Dunia Politik
Langgam.id - DPD Gerindra Sumbar memperkenalkan bakal calon DPD RI, yaitu Nasta Oktavian, anak dari mantan Wagub Sumbar, Nasrul Abit.
Gerindra Sumbar Perkenalkan Anak Almarhum Nasrul Abit untuk Bakal Calon DPD RI
Langgam.id - Pemerintah Provinsi Sumbar bersama instansi terkait yang tergabung dalam TPID terus berupaya menekan laju inflasi.
Begini Penjelasan Gubernur Sumbar Menekan Laju Inflasi Saat Didatangi Anggota DPR RI
Langgam.id - Guspardi Gaus merespons kritikan sejumlah pihak terkait tidak diakomodirnya adat dan budaya Mentawai dalam UU Provinsi Sumbar.
Penjelasan Komisi II DPR RI Soal Kritik UU Provinsi Sumbar yang Tak Akomodir Adat Mentawai
Langgam.id - Andre Rosiade kembali menggelar Jumat Berkah bersama Gerindra di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Air Manis, Padang.
Andre Rosiade Gelar Jumat Berkah di Masjid Taqwa Air Manis Padang
Berita terbaru dan terkini hari ini: Dari Atalia Praratya, membuktikan bahwa kasih sayang seorang ibu itu tiada tara dan sepanjang masa.
Andre Rosiade: Duka Ridwan Kamil, Duka Indonesia