Andre Rosiade Pastikan Gerindra Usung Kader Sendiri di Pilkada 2024

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade memastikan Gerindra akan memprioritaskan kadernya maju dalam Pilkada serentak November 2024.

Andre Rosiade. [foto: Ist]

InfoLanggam - Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade memastikan Gerindra akan memprioritaskan kadernya maju dalam Pilkada serentak November 2024.

Andre mengungkapkan bahwa Partai Gerindra memiliki kader melimpah yang akan bertarung menjadi pemimpin daerah di Sumbar dan seluruh Indonesia.

“Partai Gerindra tak perlu diragukan lagi memiliki kader-kader mumpuni yang siap diterjunkan pada Pilkada, baik tingkat Provinsi atau Kabupaten dan Kota. Karena sudah berdiri cukup lama dan telah melakukan pengkaderan berjenjang dan serius. Jadi tak ada alasan tidak mengutamakan kader dalam bertarung,” ujar Andre Rosiade yang juga Anggota DPR RI asal Sumbar ini.

Andre mengatakan, saat ini sedang diseleksi siapa saja kader yang berpotensi dan menang dalam alek demokrasi daerah lima tahunan ini. Karena, waktu yang singkat, membuat Gerindra harus memastikan siapa yang paling siap dan kuat.

“Bukan hanya sekadar mengusung karena cukupnya kursi saja, tapi banyak hal yang dipertimbangkan,” kata anggota Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Selain menjaring informasi dan aspirasi dari kader dan masyarakat, tentu Gerindra juga melakukan analisis dan survei. Untuk memastikan kader yang maju bisa bertarung dan memang.

Menurut Andre, survei memang menjadi acuan, karena dianggap sebagai alat yang paling pas dalam memastikan elektabilitas atau tingkat keterpilihan kandidat.

“Kami minta kepada para kader yang berniat maju agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Banyak turun ke bawah, bantu rakyat dan sosialisasi. Karena akan menjadi pertimbangan ketika Gerindra memastikan calonnya. Di Sumbar, dari 19 Kabupaten dan Kota serta Provinsi, Alhamdulillah kader-kader Gerindra bermunculan,” katanya.

Meski begitu, kata Andre, peluang merangkul kandidat nonkader atau dari partai lain juga terbuka. Apalagi di daerah yang kursi Gerindra agak kecil. Selain itu juga harus berkoalisi dengan partai lain.

“Sekarang kita sedang mempersiapkan. Mohon doa dan dukungan masyarakat agar Gerindra bisa memenangkan kadernya pada Pilkada nanti,” kata Andre.

Sebelumnya Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Agmad menegaskan, untuk daerah strategis, Partai Gerindra lebih prioritas mengusung kader sendiri pada pilkada November 2024. Hal ini, jelas Dasco, sejalan dengan hasil rapat kerja nasional Partai Gerindra pada bulan Januari 2024.

“Hasil rapat kerja nasional Gerindra bulan Januari, untuk daerah-daerah strategis kita diharapkan untuk mengusung kader sendiri di pilkada,” kata wakil Ketua DPR ini.

Dasco menjelaskan, Partai Gerindra akan melihat semua calon yang ada. Meskipun begitu, Partai Gerindra belum fokus pada Pilkada karena menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa pemilihan presiden.

“Gerindra akan melihat dulu calon-calon yang sudah ada. Kita kan belum bicara pilkada, karena MK ini belum selesai, kita masih menunggu (putusan) MK sampai tanggal 22 (April),” jelas Dasco.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024. Pemungutan suara serentak untuk memilih kepala daerah seluruh Indonesia dilaksanakan 27 November 2024. (*)

Baca Juga

Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Partai Gerindra Sumbar Dirikan Posko dan Dapur Umum untuk Korban Bencana Banjir Bandang di Agam dan Tanah Datar
Partai Gerindra Sumbar Dirikan Posko dan Dapur Umum untuk Korban Bencana Banjir Bandang di Agam dan Tanah Datar
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Pilkada Sumbar Dipastikan Nihil Calon Perseorangan
Andre Rosiade: Partai Gerindra Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang Sijunjung 500 Paket Sembako
Andre Rosiade: Partai Gerindra Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang Sijunjung 500 Paket Sembako
Cerita Tukang Sablon yang Dibantu Andre Rosiade Lunasi Tunggakan Biaya Sekolah Anak
Cerita Tukang Sablon yang Dibantu Andre Rosiade Lunasi Tunggakan Biaya Sekolah Anak
Anggota DPRD Sumatra Barat (Sumbar), Hidayat, resmi mendaftar ke Partai Gerindra sebagai bakal calon kepala daerah di Pilkada Padang.
Hidayat Daftar ke Gerindra untuk Pilkada Padang: Wujudkan Padang Lebih Bergairah