Akibat Longsor, Jalur Alternatif Padang-Bukittinggi Putus

Arus Lalu Lintas Padang-Painan Tersendat

Ilustrasi Longsor (Foto: Pixabay)

Langgam.id - Jalur alternatif yang menghubungkan Kota Padang dan Bukittinggi tepatnya di Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar) dilanda longsor, Sabtu (18/4/2020) sekira pukul 15.00 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Muhammad Lutfi mengatakan, jalan di kawasan itu tertimbun longsor sepanjang 15 meter dengan ketinggian mencapai dua meter. Longsor terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah tersebut sejak siang.

"Sebelum kejadian ada hujan, pas kejadian sudah tidak hujan, kemudian ada longsor yang menutupi jalan," ujarnya, Sabtu (18/4/2020).

Menurut Lutfi, material longsor cukup banyak, sehingga untuk membersihkannya membutuhkan alat berat. Satu unit alat berat sudah diturunkan untuk membersihkan material longsor tersebut.

"Itu jalan provinsi, setelah kejadian, langsung dilaporkan, saat ini jalan tersebut masih belum bisa dilalui," ungkapnya.

Dijelaskan Lutfi, daerah itu merupakan daerah rawan tanah longsor, apabila curah hujan tinggi. Beruntung, atas kejadian itu tidak ada korban jiwa.

Ia mengimbau, bagi pengendara pengguna jalan dan masyarakat yang hendak melewati daerah itu meningkatkan kewaspadaan dan segera berhenti apabila hujan.

Longsor bisa saja terjadi kembali mengingat lokasi itu daerah rawan, katanya. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Presiden Joko Widodo (Jokowi)) memerintahkan Kementerian PUPR untuk menambah jumlah sabo dam di Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu dilakukan untuk mencegah bencana banjir bandang
Butuh 56 Sabo Dam Atasi Banjir Lahar Dingin di Sumbar, Jokowi: Sekarang Baru Ada Dua
Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Fanta 2.0 dan Gigih Brani 08 Bagikan Kebutuhan Pokok Balita di Posko Pengungsian Agam
TNI akan menyediakan jembatan bailey di tujuh titik di Kabupaten Tanah Datar. Dengan adanya jembatan ini nantinya, diharapkan bisa
Pulihkan Akses yang Terputus, 7 Jembatan Bailey Akan Dibangun di Tanah Datar