Agar Tak Hilang, Yus Datuak Parpatiah Minta Pemkab Agam Arsipkan Karya Tulis Bidang Adat dan Budaya

Langgam.id - Angku Yus Datuak Parpatiah meminta Pemkab Agam mengarsipkan dan melestarikan karya tulis bidang adat dan budaya.

Angku Yus Datuak Parpatiah saat berdiskusi bersama jajaran Pemkab Agam. [Foto: Dok. AmcNews]

Langgam.id - Angku Yus Datuak Parpatiah, maestro adat Minangkabau meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam mengarsipkan dan melestarikan karya tulis bidang adat dan budaya.

Hal itu diungkapkan saat bertemu dan diskusi soal pencetakan ulang buku Menyingkap Wajah Minangkabau, Paparan Adat dan Budaya bersama Pemkab Agam.

Dikatakan Angku Yus Datuak Parpatiah, mengingat usianya yang sudah lanjut, ia ingin karya-karya khususnya, terkait adat dan budaya, bisa dilestarikan dan terus tetap ada serta bisa menjadi pedoman bagi generasi muda kedepannya.

"Oleh sebab itu, saya berharap semua karya yang ada, dapat disimpan atau menjadi arsip bagi Pemerintah Kabupaten Agam, agar nantinya tidak hilang satu persat," ujarnya dikutip dari AmcNews, Kamis (3/11/2022).

Lalu, Angku Yus Datuak Parpatiah juga meminta adanya kerjasama dengan Pemkab Agam terkait pencetakan ulang karyanya yang terbaru, yaitu buku Menyingkap Wajah Minangkabau, Paparan Adat dan Budaya.

Menurut Angku Yus Datuak Parpatiah, buku itu sangat penting, karena di dalamnya membahas secara detail terkait adat dan budaya Minangkabau.

Menanggapi hal itu, Bupati Agam, Andri Warman mengaku setuju dengan rencana tersebut. "Ini merupakan salah satu program utama kami di bidang pendidikan, yaitu terkait adat dan budaya," ujar Andri.

Andri menginginkan, generasi muda saat ini, selain pintar dalam pendidikan formal, juga paham akan agam serta adat dan budaya.

“Oleh sebab itu, dengan adanya karya-karya dari Angku Yus Datuak Parpatiah ini, bisa menjadi pedoman dan bekal bagi generasi muda dalam mempelajari adat dan budaya Minangkabau,” ungkapnya.

Ia berharap, selain melalui karya-karyanya yang berupa buku, Pemkab Agam juga menginginkan Angku Yus Datuak Parpatiah bisa secara langsung memberikan ilmunya bertatap muka dengan generasi muda di Kabupaten Agam.

Baca juga: Ceramah Yus Datuak Parpatiah, Cerita Adat yang Tak Lekang oleh Zaman

“Generasi muda yang ada bisa lebih paham dan mengerti, karena langsung belajar dari tokohnya, yaitu Angku Yus Datuak Parpatiah,” katanya.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Salah satu tema percakapan publik yang paling hangat belakangan ini adalah tentang perayaan Halloween di Saudi Arabia.
Bahasa Minang dalam Tafsir Ulang Keminangkabauan
Nofel Nofiadri
Tafsir Ulang Keminangkabauan
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah meresmikan Surau Sydney Australia. Ini merupakan surat pertama milik orang Minang di luar negeri
Gubernur Sumbar Resmikan Surau Pertama Milik Orang Minang di Luar Negeri
Wapres Buka Minangkabau Halal Festival 2023
Wapres Buka Minangkabau Halal Festival 2023
Bicara hiburan tradisional anak nagari Minangkabau, kita akan mengingat beberapa nama permainan yang barangkali sudah jarang didengar
Tang-tang Buku: Mengingat Permainan Tradisional Anak Nagari Minangkabau
Perceraian dan Kesekaratan Rumah Tangga
Perceraian dan Kesekaratan Rumah Tangga