Agam Tetapkan Status Tanggap Darurat Usai Diterjang Banjir Bandang

Bupati Agam Indra Catri

Bupati Agam Indra Catri. (Foto: IG Humas Agam)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Agam menetapkan status tanggap darurat usai bencana banjir bandang melanda Jorong Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (20/11/2019).

Dalam peristiwa ini, sembilan rumah, masjid, serta sekolah terdampak akibat terjangan banjir bandang luapan aliran Sungai Cikalo itu.

"Sudah ditetapkan selama tiga hari, kalau kurang nanti ditambah lagi," kata Bupati Agam, Indra Catri, melalui keterangan tertulisnya kepada langgam.id, Kamis (21/11/2019).

Indra mengaku sudah melihat langsung kondisi wilayah yang terdampak banjir bandang. Ia memutuskan memberi bantuan tanggap darurat berupa alat-alat berat. Pemkab juga membuka dapur umum untuk konsumsi masyarakat yang terdampak bencana.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Kabupaten Agam, M Luthfi, menyebutkan selama tanggap darurat pihaknya berupaya melakukan penanggulangan pascabencana secepat mungkin. Fokus utama pembersihan material banjir bandang yang cukup tebal.

"Semua kami lakukan secepatnya, pembersihan material dan alat berat sudah bekerja. Dapur umum juga sudah didirikan untuk kebutuhan sehari-hari bagi warga yang terdampak," katanya.

Luthfi mengungkapkan, terdapat 13 kepala keluarga yang terdampak banjir bandang. Hingga kini, telah dievakuasi ke posko sementara dan rumah-rumah tetangga. (Irwanda/RC)

Baca Juga

Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Bupati Agam Ajak Jemaah Salat Idul Adha Berempati kepada Korban Banjir Bandang
Langgam.id - Pemeintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya mengurangi sampah plastik, terutama di lingkungan kerja.
Agam Canangkan Project 1 Nagari 1 Pengolahan Sampah
BNPB menurunkan tim survei pemasangan EWS Gunung Marapi di Batang Lona pada masa transisi darurat ke pemulihan pasca banjir bandang
Bakal Pasang EWS, BNPB Turunkan Tim Survei ke Batang Lona Tanah Datar
IMBI Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang di Tanah Datar dan Agam
IMBI Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang di Tanah Datar dan Agam
Usai Masa Tanggap Darurat Berakhir, Agam Fokus Pemulihan Bencana hingga Desember 2024
Usai Masa Tanggap Darurat Berakhir, Agam Fokus Pemulihan Bencana hingga Desember 2024
Desa Wisata Pesona Pagadih merupakan satu dari tiga desa wisata di Sumbar yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia
Masuk 50 Besar ADWI 2024, Desa Wisata Pesona Pagadih Agam Bakal Dikunjungi Kemenparekraf