Tim Fakhrizal-Genius Umar Lapor ke KPU Soal Verifikasi Faktual

Tim Fakhrizal-Genius Umar Lapor ke KPU Soal Verifikasi Faktual

Foto: Rahmadi/Langgam.id

Langgam.id - Tim sukses bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) lewat jalur perseorangan atau independen Fakhrizal-Genius Umar mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar terkait verifikasi faktual yang sedang berjalan.

Narahubung Tim Bapaslon Fakhrizal - Genius, Haris mengatakan ada sejumlah kejadian di kabupaten kota yang mengurangi nilai verifikasi faktual. Saat ini sudah lewat sekitar 200 ribu verifikasi yang dilakukan.

"Kemudian ada beberapa poin yang kami nilai memberatkan pendukung, seperti pengdokumentasian yang membuat pendukung tidak nyaman dan kerahasian data itu sendiri," katanya di Kantor KPU Sumbar, Selasa (7/7/2020).

Menurutnya, template proses verifikasi yang ditambahkan dalam teknisnya di luar aturan PKPU.

Kemudian ada lampiran form yang dikeluarkan KPU RI yaitu BA 5 KWK surat tidak mendukung, sedangkan di Sumbar BA 51 KWK surat pernyataan mendukung. Surat itu beredar dan membingungkan para pendukung.

Pihaknya meminta KPU Sumbar menangguhkan surat tersebut karena dinilai merugikan. Diharapkan pada proses besok surat tersebut tidak lagi.

"Kemudian kami mengharapkan intensitas petugas KPU dengan narahubung kami di kabupaten kota sehingga kita bisa rekap data secara cepat, jadi tiga itu permintaan kita pada KPU," katanya.

Menurut Haris, dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, komunikasi serta persalinan data dengan pihak KPU, baru di Agam yang berjalan lancar. Sehingga bisa diketahui proses di Agam sudah berjalan 57 persen.

Sementara 18 kabupaten kota lagi belum dapat data, karena komunikasi yang kurang berjalan lancar.

Selain itu juga ada temuan, lanjutnya, bahwa petugas KPU menemui pendukung pada jam kerja. Sehingga verifikasi tidak berhasil dilakukan.

"Petugas juga hanya satu kali menemui pendukung sehingga hal ini dinilai merugikan," tukasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan tim Bapaslon melaporkan banyaknya pendukung yang tidak ditemui petugas dengan jumlah yang cukup besar.

Di antara penyebab adanya pendukung berasal dari nagari yang telah melakukan pemekaran.

"Dulu KTP-nya masih di negeri yang lama, sekarang masuk nagari baru, ini masuk kelompok yang tidak bisa ditemukan," katanya.

Berdasarkan peraturan petugas PPS tidak boleh melakukan verifikasi ke luar wilayahnya. Kebanyakan itu terjadi di Padang Pariaman sebab ada pemekaran sekitar 40 nagari baru.

Pendukung tersebut tidak dicoret, tetapi KPU meminta tim bapaslon menghadirkan pendukung tersebut ke kantor PPS.

Mengenai pendukung yang tidak ditemukan di rumahnya, ia mengatakan hal itu karena petugas turun punya target jumlah pendukung setiap haris yang harus diselesaikan verifikasi. Minimal setiap petugas sebanyak 25 orang diselesaikan.

"Jangan sampai berakhir tidak jadi ditemui, tentu kita prioritaskan orang yang bisa ditemui dulu," pungkasnya. (Rahmadi/Osh)

Baca Juga

Tahapan seleksi calon Anggota KPU Kota Padang periode 2024-2029 sudah selesai dilaksanakan. Selanjutnya calon anggota KPU Kota Padang akan
10 Calon Anggota KPU Padang Bakal Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan 28 April 2024
Pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh suara terbanyak di Sumatra Barat Pemilu 2024.
Hasil Pleno KPU, Anies-Muhaimin Unggul di Sumbar
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka acara tabligh akbar peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan doa bersama jelang Pemilu
Dongkrak Partisipasi Pemilih, Gubernur Sumbar Ajak ASN Sosialisasi Pemilu 2024
Mantan Kapolda Sumbar, Irjen Pol (Purn) Fakhrizal ikut bersaing memperebutkan kursi di DPR RI pada Pileg. Fakhrizal maju dari PDI Perjuangan.
Mantan Kapolda Sumbar Fakhrizal Maju ke DPR RI, Ini Rekam Jejaknya
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.
DCT DPRD Sumbar, PKB dan Gerindra Tak Penuhi Kuota 30 Persen Caleg Perempuan